Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Cerita Jamaika, Negara Penghasil Banyak Pelari Cepat Dunia, Ini Rahasianya

Rabu, 4 Agustus 2021 | 07:00 WIB
cerita-jamaika-negara-penghasil-banyak-pelari-cepat-dunia-ini-rahasianya
Trio sprinter putri Jamaika, Elaine Thompson-Herah, Shelly-Ann Fraser-Pryce dan Shericka Jackson saat final 100m putri di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, 31 Juli 2021 ketika mereka bertiga menyapu semua medali nomor atletik yang sangat bergengsi ini. (Sumber: Kompastv/Ant/Reuters)

SOLO, KOMPAS.TV- Pada Olimpiade Tokyo 2020 ini, pelari-pelari cepat Jamaika mendominasi cabang olahraga (cabor) atletik khususnya nomor-nomor lari jarak pendek.

Tak mengherankan, karena memang selama ini Jamaika terkenal sebagai negara penghasil sprinter-sprinter kelas dunia. 

Elaine Thompson-Herah, Shelly-Ann Fraser-Pryce dan Shericka Jackson diketahui sudah memperoleh tiga medali Olimpiade Tokyo 2020. Bahkan Thompson-Herah sukses membawa pulang medali emas 100m putri di Stadion Nasional yang menjadi arena utama Tokyo 2020.

Nama ketiga pelari itu seakan melengkapi sprinter Jamaika lainnya yang sempat berjaya. Sebut saja Usain Bolt, Warren Weir hingga Yohan Blake. 

Kenapa bisa seperti itu?  Mengapa Jamaika yang merupakan negara pulau seluas 11.000 km persegi atau hampir seluas Gorontalo dan berpenduduk 2,7 orang atau hampir sama banyak dengan jumlah penduduk Sulawesi Tenggara itu begitu menguasai lari jarak pendek dunia?

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Jamaika Sapu Bersih Medali Atletik 100 Meter Putri

Melansir Antara, Selasa (3/8/2021), ada anggapan bahkan setengah guyon bahwa rahasia Jamaika rutin menghasilkan sprinter kelas dunia adalah tanaman ubi.

Iya ubi, yang di Indonesia lebih sering dijadikan keripik atau kolak ketika puasa Ramadan tiba.

Menurut sejumlah peneliti, stimulan hyposteroid yang terkandung dalam ubi yang mudah sekali ditemukan Jamaika, adalah faktor yang membuat pelari negara ini merajai trek dan lintasan dunia mengalahkan pelari-pelari dari negara-negara maju yang memiliki pola latihan, fasilitas dan teknologi tinggi untuk membantu manusia berlari lebih cepat dari waktu ke waktu.

Eits, tapi bukan hanya itu saja. Hal ini seperti yang disampaikan sprinter Yohan Blake yang malah menunjuk tekad besar orang Jamaika menjauhi kemiskinan yang justru membuat pelari-pelari jarak pendek negara itu berlari lebih kencang. 

Penulis : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:02
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19