Kompas TV nasional peristiwa

Kasal Lepas Ekspedisi Jala Citra I Aurora ke Laut Halmahera dan Papua

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 22:30 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kasal Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan ekspedisi Jala Citra I Aurora TNI AL dari Dermaga Pondok Dayung Komando Armada Satu, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Ekspedisi ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan memperingati 100 tahun Hari Hidrografi Dunia pada 21 Juni 2021.

“Jadi baru saja kita saksikan acara pelepasan KRI Spica yg melaksanakan survey atau ekspedisi 2021 yang dilaksanakan di Halmahera selama 2 bulan,” kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada 3 Agustus 2021.

TNI AL turut menggandeng sejumlah peneliti dari kementerian, lembaga dan universitas. Ekspedisi ini bertujuan mengungkap misteri laut di perairan Halmahera dan perairan Papua.

Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia. Ekspedisi ini juga menjadi momentum kebangkitan kembali ekspedisi kelautan pada lingkup nasional lainnya seperti ekspedisi Sibolga, Snellius I dan Snellius II.

Ekspedisi ini akan dilangsungkan selama kurang lebih dua bulan. Kapal ini merupakan kapal survey TNI AL di bawah komando Pushidrosal sebagai wahana penelitian utama.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x