Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Sudah Kirim 110 Juta Dosis Vaksin ke Seluruh Dunia dan akan Ditambah

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:46 WIB
amerika-serikat-sudah-kirim-110-juta-dosis-vaksin-ke-seluruh-dunia-dan-akan-ditambah
Presiden Joe Biden tiba di Gedung Putih di Washington, Senin, 2 Agustus 2021, setelah menghabiskan akhir pekan di Camp David. (Sumber: AP Photo/Andrew Harnik)

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV — Gedung Putih mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) telah mengirimkan lebih dari 110 juta dosis vaksin Covid-19 ke lebih dari 60 negara, mulai dari Afghanistan hingga Zambia.

Presiden AS Joe Biden diperkirakan akan membahas tonggak sejarah itu pada Selasa waktu AS, dalam pidatonya tentang strategi AS memperlambat penyebaran virus corona di luar negeri, seperti dilansir Associated Press, Selasa (3/8/2021).

Pengumuman Joe Biden akan muncul di tengah peningkatan infeksi di AS, didorong oleh virus corona varian delta yang sangat menular.

Biden berjanji Amerika Serikat akan menjadi "gudang vaksin" dunia dan sudah 110 juta dosis vaksin Covid-19 yang disumbangkan sebagian besar melalui COVAX. Jumlah tersebut mewakili sebagian kecil dari apa yang dibutuhkan secara global.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Amerika Serikat akan mulai mengirimkan pada akhir Agustus setengah miliar dosis vaksin Pfizer yang telah dijanjikan ke 100 negara berpenghasilan rendah.

Amerika Serikat pada Senin akhirnya mencapai target Presiden Joe Biden untuk menyuntikkan setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 ke 70% orang dewasa Amerika. Namun terlambat satu bulan dari target dan diwarnai lonjakan tajam penularan baru oleh varian delta.

Baca Juga: Bertemu Penasihat Keamanan Nasional dan Industri Farmasi AS, Menlu Retno Bahas Bantuan Pandemi

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat Jake Sullivan, Senin, (02/08/2021) dimana kedua pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama kedua negara untuk mengatasi pandemi serta menjaga stabilitas kawasan. (Sumber: Antara)

Perkembangan terbaru itu membuat pasien membanjiri rumah sakit dan membuat otoritas kesehatan AS kembali mengaktifkan kebijakan wajib masker di dalam ruangan dan vaksinasi Covid-19 di seluruh negeri.

Tidak ada perayaan di Gedung Putih pada Senin, atau penetapan target baru, karena pemerintah Amerika Serikat malah berjuang untuk mengatasi skeptisisme dan penolakan sengit terhadap vaksin Covid-19. Terutama di bagian Selatan Amerika Serikat dan daerah pedesaan serta wilayah konservatif lainnya.

Kasus baru per hari di Amerika Serikat telah meningkat enam kali lipat selama sebulan terakhir menjadi rata-rata hampir 80.000 kasus baru Covid-19, tingkat yang tidak terlihat sejak pertengahan Februari.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kebanjiran Petani Sorong Gagal Panen

Sabtu, 25 September 2021 | 11:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19