Kompas TV nasional update corona

Perhimpunan Dokter Kandungan Minta Ibu Hamil Jangan Ragu Untuk Ikut Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 21:00 WIB
perhimpunan-dokter-kandungan-minta-ibu-hamil-jangan-ragu-untuk-ikut-vaksinasi-covid-19
Untuk ibu hamil yang akan menjalani vaksinasi Covid-19, yang paling penting, usia kehamilannya di atas 3 bulan, tekanan darah di bawah 140/90 mmHg, serta tidak ada tanda maupun keluhan terkait preeklamsia berat seperti nyeri kepala, nyeri rematik, gangguan pandangan, kaki bengkak, atau hipertensi, kata Prof. Budi Wiweko, yang juga guru besar FKUI Selasa, 03 Augstus 2021 (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Prof. DR. Dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH meminta ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga tak perlu bimbang dan ragu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di sentra vaksinasi terdekat.

"Yang paling penting, usia kehamilannya di atas 3 bulan, tekanan darah di bawah 140/90 mmHg, serta tidak ada tanda maupun keluhan terkait preeklamsia berat seperti nyeri kepala, nyeri rematik, gangguan pandangan, kaki bengkak, atau hipertensi,” terang Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (3/8/2021). 

“Itu kira-kira yang menjadi catatan bagi ibu hamil yang ingin melakukan vaksinasi,” tambahnya.

Pada Senin (2/8/2021) kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan Surat Edaran tentang Vaksinasi Covid- 19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Mulai 2 Agustus 2021, vaksin Covid-19 sudah bisa diberikan bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi.

Vaksin yang dapat digunakan ibu hamil adalah vaksin Covid-19 platform mRNA, seperti buatan Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac, atau sesuai ketersediaan.

Prof. Budi memastikan vaksinasi bagi ibu hamil aman selama memenuhi kriteria yang sudah dianjurkan POGI dan Kemenkes.

Ia juga menyebut negara Malaysia dan Amerika Serikat yang sudah melakukan vaksinasi pada ibu hamil dan sejauh ini aman.

Baca Juga: Ini Kriteria Ibu Hamil Boleh Vaksinasi Covid-19

Tiga botol Vaksin COVID-19 Moderna difoto di pusat vaksinasi virus corona baru di Velodrom Berlin, Jerman. Vaksin yang dapat digunakan ibu hamil di Indonesia adalah vaksin Covid-19 platform mRNA, seperti buatan Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac, atau sesuai ketersediaan. (Sumber: AP Photo/Michael Sohn)


Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.