Kompas TV internasional kompas dunia

Dokter-dokter di Nigeria Mogok Kerja, Tuntut Pembayaran Gaji

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 18:49 WIB
dokter-dokter-di-nigeria-mogok-kerja-tuntut-pembayaran-gaji
Seorang dokter memeriksa anak di Abuja, Nigeria. Dokter-dokter residen berbagai rumah sakit umum Nigeria pada Senin (02/08/2021) mulai mogok kerja tanpa menentukan batas waktu, menuntut pembayaran gaji mereka, di tengah lonjakan penularan Covid-19 di negara itu, Selasa, (03/08/2021). (Sumber: Antara/Shutterstock)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

ABUJA, KOMPAS.TV - Dokter-dokter residen berbagai rumah sakit umum di Nigeria pada Senin (2/8/2021) mulai mogok kerja tanpa menentukan batas waktu.

Mereka menuntut pembayaran gaji, di tengah lonjakan penularan Covid-19 di negara itu.

Seperti dilansir Reuters yang dikutip Antara, Selasa (3/8/2021), para dokter rumah sakit umum yang tergabung dalam serikat dokter itu memprotes pembayaran gaji dan tunjangan yang tertunda. 

Dokter-dokter Nigeria memang kerap melakukan pemogokan dengan alasan mengalami pelayanan yang buruk.

Tahun lalu saja, banyak dokter keluar dari pekerjaan hingga tiga kali, termasuk dengan menyampaikan tuntutan untuk mendapat tunjangan merawat pasien-pasien Covid-19.

Okhuaihesuyi Uyilawa, ketua Asosiasi Nasional Dokter Residen (NARD), mengatakan mogok kerja sudah dimulai sejak Senin pagi kemarin. 

Ia menuturkan pemerintah belum menghubungi serikat pekerja sejak NARD menyampaikan pemberitahuan soal pemogokan tersebut.

Ketika ditanya apakah pemogokan akan memengaruhi upaya vaksinasi Covid-19, Uyilawa mengatakan, "Kelaparan lebih buruk daripada Covid-19. Kami telah kehilangan 19 anggota karena Covid-19, tanpa ada asuransi jiwa."

Menteri kesehatan setempat mengatakan pemerintah segera bekerja sama dengan para dokter yang mogok kerja dalam upaya menyelesaikan masalah dengan cepat.

Kemenkes menambahkan direktur medis harus memastikan pemberian layanan tidak terganggu.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x