Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu Penasihat Keamanan Nasional dan Industri Farmasi AS, Menlu Retno Bahas Bantuan Pandemi

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 18:28 WIB
bertemu-penasihat-keamanan-nasional-dan-industri-farmasi-as-menlu-retno-bahas-bantuan-pandemi
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat Jake Sullivan, Senin, (02/08/2021). (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat, Jake Sullivan, Senin, (02/08/2021).

Pertemuan tersebut membahas kesepakatan kedua negara untuk mengatasi pandemi serta menjaga stabilitas kawasan, demikian keterangan Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Selasa, (03/08/2021) seperti dilansir Antara.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Putih, Washington DC tersebut, keduanya juga membahas berbagai isu bilateral untuk memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS.

"Kehadiran saya di Washington DC adalah bukti nyata komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral RI-AS," kata Menlu Retno.

Sullivan menyampaikan komitmen tambahan dukungan kerja sama AS sebesar 30 juta dolar AS atau sekitar 430 miliar rupiah berupa pasokan peralatan oksigen, alat kesehatan, dan obat-obatan.

Dengan dukungan tambahan itu, total dukungan kerja sama AS sejak awal pandemi mencapai sebesar 65 juta dolar AS atau sekitar 932 miliar rupiah.

Baca Juga: Pimpin Pertemuan COVAX, Menlu Indonesia Retno Marsudi Dorong Percepatan Distribusi Vaksin Covid-19

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan. (Sumber: Fox News)

Selain dukungan tersebut, Amerika Serikat juga memberikan dukungan kerja sama berbagi dosis vaksin Moderna melalui skema vaksin global, COVAX Facility, yang hingga hari ini berjumlah 8.000.160 dosis.

Sebelumnya, tambahan vaksin Moderna sebanyak 3,5 juta telah tiba di Jakarta pada Minggu, (01/08/2021).

Untuk itu, Menlu Retno menyampaikan penghargaan kepada AS atas dukungannya kepada Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Selain itu, Menlu Retno juga membahas kerja sama jangka panjang Indonesia-AS di bidang kesehatan agar kapasitas nasional, regional, dan global lebih baik dalam menghadapi pandemi mendatang.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.