Kompas TV regional update

Detik-Detik Pasien Covid-19 Bantul Tewas di Kolam Ikan Warga, Diduga Jatuh

Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:36 WIB
detik-detik-pasien-covid-19-bantul-tewas-di-kolam-ikan-warga-diduga-jatuh
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 di Bantul. (Sumber: Shutterstock)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Seorang pasien Covid-19 yang sedang dirawat di RS lapangan Bantul ditemukan tewas di kolam ikan milik warga, Selasa (3/8/2021). Warga Imogiri Bantul berinisial AR (41) itu ditemukan meninggal di kolam ikan warga yang berbatasan dengan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bantul sekitar pukul 07.30 WIB.

AR terkonfirmasi positif Covid-19 pada 30 Juli 2021. Ia mengalami sesak napas dan dirujuk ke selter kabupaten yang berada di Niten satu hari setelah dinyatakan positif Covid-19.

Pada 1 Agustus 2021, tim selter merujuk AR ke RSKLC Bantul karena mengalami sesak napas dan membutuhkan perawatan yang lebih intensif. 

Baca Juga: Keterisian Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di Bantul Menurun

"Saya dapat kabar dari dokter jaga, pasien tidak ada di ruang perawatan pada Selasa dini hari," ujar Direktur RSLKC Bantul, Tarsisius Glory.

Glory pun segera meluncur ke RSLKC setelah mendapat laporan tersebut. Saat di perjalanan itu lah, ia mendapat informasi ada penemuan mayat di kolam ikan tetangga.

Ia menghubungi Polsek Bambanglipuro untuk meminta bantuan tim Inafis dari Polres Bantul untuk melakukan evakuasi dan identifikasi. Hasilnya, jenazah korban yang ada di
kolam ikan merupakan pasien AR. 

Berdasarkan penelusuran kamera CCTV, AR meninggalkan ruangan perawatan yang berada di lantai bawah. Pasien Covid-19 itu sempat mencari lubang hepa filter yang diduga akan digunakan untuk kabur dari RSLKC. 

Kemudian, AR menuju ke lantai dua dan masuk ke kamar mandi perempuan. Di ruangan itu tidak terpantau CCTV, akan tetapi diduga ia berhasil kabur dengan naik ke jendela ruang konsultasi. Jendela kaca rangka aluminium itu mudah didobrak. 

Baca Juga: Pengembangan RS Lapangan Covid-19 di Bantul, Sampai Mana?

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19