Kompas TV video sinau

Koleksi Medali Indonesia di Olimpiade dari Masa ke Masa

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 18:32 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Selain mempertahankan tradisi emas Indonesia, prestasi tersebut sekaligus mengukir sejarah baru sebagai pasangan ganda putri Indonesia pertama yang melaju ke final olimpiade dan membawa pulang medali emas.

Perolehan tersebut membuat Indonesia mengoleksi total 5 medali di Olimpiade Tokyo 2020, masing-masing 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Bicara soal prestasi Indonesia di olimpiade, medali pertama untuk Indonesia kali pertama diraih di Olimpiade Seoul 1988.

Perolehan medali perak dari cabor panahan jadi satu-satunya medali yang dibawa pulang Indonesia pada saat itu, sekaligus menempatkan Indonesia di peringkat 36 dari 159 negara peserta.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara Peraih Medali Terbanyak di Asia Tenggara dalam Olimpiade Tokyo 2020

Empat tahun kemudian, Indonesia berhasil meraih medali emas pertama di Olimpiade Barcelona, Spanyol 1992.

Saat itu, Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu dari cabor bulu tangkis.

Dua medali emas masing-masing diraih Susi Susanti dan Alan Budikusuma di partai tunggal. Sementara tiga perolehan medali lainnya diraih pasangan ganda putra, dan dua wakil tunggal putra Indonesia.

Di Olimpiade Atlanta 1996, bulu tangkis kembali menyumbang perolehan 1 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu bagi Indonesia.

Medali emas diraih pasangan ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja, sedangkan perolehan medali lainnya diraih 2 wakil tunggal putri dan 1 pasangan ganda putra.

Di era tahun 2000-2008, perolehan medali Indonesia di olimpiade turut disumbang cabor angkat besi.

Indonesia sempat absen membawa pulang medali emas pada Olimpiade London 2012, namun masih berhasil meraih 2 medali perak dan 1 perunggu dari para atlet angkat besi.

Baca Juga: Selain Greysia/Apriyani, Inilah Daftar Pebulu Tangkis Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade

Kemudian pada Olimpiade Rio 2016, Indonesia kembali meraih medali emas dari pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Di ajang tersebut pula, dua medali perak berhasil diraih lifter putri Sri Wahyuni Agustiani dan lifter putra Eko Yuli Irawan.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.