Kompas TV nasional politik

PKS: Anggaran Harusnya Fokus Penanganan Covid-19, Bukan Malah Cat Pesawat Presiden

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 17:00 WIB
pks-anggaran-harusnya-fokus-penanganan-covid-19-bukan-malah-cat-pesawat-presiden
Cat pesawat kepresidenan berganti warna dari biru-putih menjadi merah-putih. (Sumber: Twitter: @Andiarief__)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketus DPP PKS Mardani Ali Sera mengkritik kebijakan Sekretariat Presiden yang menggelontorkan anggaran untuk mengubah cat pesawat kepresidenan menjadi warna putih. 

Menurut dia, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum usai, seharusnya pemerintah tetap fokus mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. 

"Semua anggaran (harus) fokus untuk penangan Covid-19," kata Mardani kepada Kompas TV, Selasa (3/8/2021). 

Baca Juga: Pihak Istana Ungkap Cat Pesawat Kepresidenan akan Diganti Warna Merah Putih Sesuai Bendera Indonesia

Ia menilai pengecatan pesawat kepresidenan tidak terlalu mendesak di tengah masyarakat banyak yang kesusahan akibat terdampak dari adanya pandemi Covid-19. 

"Mengecat pesawat tidak prioritas saat ini," ujarnya. 

Anggota Komisi II DPR ini mengaku akan meminta penjelasan dari Sekretariat Negara Republik Indonesia ihwal dana untuk pengecatan pesawat tersebut usai selesai reses nanti. 

"Ini di bawah  Sesneg. Kami di Komisi II akan mendalami fakta ini dalam RDP yang akan datang," kata dia. 

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, membenarkan bahwa pesawat kepresidenan akan dicat ulang menjadi warna merah putih.

Heru menyampaikan, perubahan warna cat pesawat kepresidenan tersebut dilakukan sesuai dengan warna bendera bangsa Indonesia.

“Sudah waktunya untuk diperbaharui. Pilihan warnanya adalah warna kebangsaan merah putih, warna bendera nasional,” kata Heru Budi Hartono melalui pesan singkat yang diterima Kompas.tv, Selasa (3/8/2021).

Di samping itu, Heru mengatakan, pesawat kepresidenan juga akan melakukan perawatan besar karena usianya yang sudah mencapai 7 tahun.

“Pesawat itu sudah 7 tahun, secara teknis memang harus memasuki perawatan besar, overhaul. Itu harus dilakukan untuk keamanan penerbangan,” tegasnya.

Baca Juga: Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Andi Arief Protes

Selain itu, Heru menambahkan, pengecatan pesawat kepresidenan rencananya sudah dilakukan sejak 2019 dengan harapan dapat memberikan kebanggaan bagi bangsa dan negara.

“Perlu kami jelaskan bahwa alokasi untuk perawatan dan pengecatan sudah dialokasikan dalam APBN,” jelas Heru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x