Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Minta Dunia Izinkan Impor BBM dan Beras, juga Ekspor Logam

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 17:49 WIB
korea-utara-minta-dunia-izinkan-impor-bbm-dan-beras-juga-ekspor-logam
Foto tak bertanggal yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA, pada 24 Mei 2020 menunjukkan Kim Jong Un menghadiri rapat Komisi Militer Pusat Partai Buruh, mendiskusikan kebijakan baru meningkatkan pencegahan perang nuklir. (Sumber: AFP/KCNA VIA KNS/STR )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara ingin sanksi internasional yang melarang ekspor logam dan impor bahan bakar olahan dan kebutuhan lainnya dicabut. Hal itu juga untuk memulai kembali pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan oleh anggota parlemen Korea Selatan pada Selasa, (03/08/2021)

Korut juga menuntut pelonggaran sanksi atas impor barang-barang mewah agar negara itu dapat membawa masuk minuman keras dan jas, kata anggota parlemen itu setelah diberi pengarahan oleh badan intelijen utama Korsel.

Pengarahan tersebut dilakukan seminggu setelah kedua Korea memulihkan sambungan telepon (hotline) yang dicabut Korut setahun lalu.

Baca Juga: Transaksi Kirim Minyak Ilegal ke Korea Utara Terekam Satelit, AS Sita Kapal Tanker Singapura

Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in telah sama-sama bersedia untuk membangun kembali kepercayaan dan meningkatkan hubungan kedua negara sejak April.

Selain itu, Kim telah meminta untuk menghubungkan kembali saluran telepon antarkedua Korea, kata para anggota parlemen Korsel.

Mereka juga mengatakan Korut membutuhkan sekitar 1 juta ton beras karena ekonominya terpukul oleh pandemi virus corona dan cuaca buruk tahun lalu.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x