Kompas TV regional berita daerah

Donor Massal Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 14:05 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPASTV - Aksi massal donor plasma konvalesen kembali digelar di Kota Solo, Jawa Tengah. Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, turut menjadi pendonor plasma konvalesen. 

Sebanyak 150 orang mengikuti pemeriksaan di Pendopo Pucang Sawit Solo, Minggu (01/08/2021) sebelum menjalani donor plasma konvelesen. Mereka diambil sampel darahnya untuk diperiksa kelayakannya sebagai pendonor plasma konvalesen. Seluruh yang datang merupakan penyintas Covid-19, yang memiliki keinginan membantu sesama yang saat ini sedang berjuang melawan Covid-19. 

Selama ini stok plasma konvelesen di PMI Solo selalu kosong, sedangkan antreannya bisa mencapai ratusan orang. Kegiatan seperti ini juga diprediksi mendorong penyintas Covid-19 yang sebelumnya takut menjadi pendonor, akhirnya berani menjadi pendonor plasma konvalesen. Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang juga penyintas Covid-19, aksi ini juga dimaksudkan agar tidak ada orang yang menjual belikan atau calo plasma konvalesen. "Sudah ada yang mulai jual beli plasma. Dan aksi donor ini untuk menangkal supaya tidak ada orang menjadi calo plasma, mencarikan ke PMI, namun ternyata justru minta uang, itu tidak boleh," katanya.

Tak hanya kaum pria, sejumlah wanita juga mendonorkan plasma konvalesennya. Wanita terbilang langka menjadi pendonor, karena syaratnya adalah belum pernah hamil. 

#donorplasmakonvalesen #penyitascovid19 #pmisolo 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.