Kompas TV regional berita daerah

Gerebek 3 Pabrik Jamu di Banyuwangi, BPOM RI Dinilai Menyalahi Prosedur

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 11:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Penggerebekan 3 pabrik jamu tradisional di Banyuwangi Jawa Timur menuai protes. Kuasa hukum pemilik pabrik menilai penggerebekan itu menyalahi prosedur. Karena petugas BPOM RI tidak pernah melayangkan surat teguran dan tidak membawa surat persetujuan penyitaan barang bukti dari pengadilan setempat.

Kuasa hukum pabrik jamu tradisional tawon klanceng, Eko Sutrisno, menyebutkan bahwa penggerebekan 3 pabrik jamu tradisional milik kliennya menyalahi aturan dan tidak sesuai prosedur.

Baca Juga: PPIH Surabaya Sita Obat Tanpa Resep Dokter & Jamu Ilegal

Pasalnya, BPOM RI tidak pernah melayangkan teguran ke pemilik pabrik dan tidak mempunyai surat persetujuan penyitaan dari pengadilan setempat. Selain itu, penggerebekan pabrik juga dilakukan saat pabrik sedang tidak berproduksi atau libur.

Pihak Pengadilan Negeri Banyuwangi juga menyayangkan penggerebekan itu, karena BPOM RI tidak berkoordinasi dengan pengadilan setempat terkait surat penyitaan barang bukti.

Sebelumnya, BPOM RI menggerebek 3 pabrik jamu tradisional ilegal di Kecamatan Srono dan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Dalam penggerebekan itu, petugas menyita 7 truk muatan bahan baku jamu tradisional, beberapa cairan, serbuk kimia campuran jamu dan alat produksi. Bahan baku jamu yang diduga mengandung bahan kimia obat disita untuk dibawa ke Jakarta.

 

#PabrikJamuIlegal #JamuTradisional #BPOMRI #PengadilanNegeriBanyuwangi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.