Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Lebih Baik dari Perolehan Medali Rio 2016

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 07:39 WIB
olimpiade-tokyo-2020-indonesia-lebih-baik-dari-perolehan-medali-rio-2016
Greysia Polii / Apriyani Rahayu saat upacara kemenangan di Olimpiade Tokyo usai meraih medali emas di sektor ganda putri. (Sumber: istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Total medali yang diraih Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 telah mengungguli perolehan medali di Olimpiade 2016 saat berlangsung di Rio de Janeiro, Brazil.

Tambahan dua medali pada Senin (2/8/2021), membuat kontingen Indonesia total telah mengoleksi lima medali.

Dua medali terakhir yang diraih kontingen Indonesia datang dari cabang olahraga unggulan yaitu bulutangkis.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menyumbang medali emas usai menjadi yang terbaik di sektor ganda putri mengalahkan wakil Tiongkok Chen Qingchen Chen/Jia Yi Fan.

Baca Juga: Juara Olimpiade, Greysia/Apriyani Kembalikan Tradisi Indonesia Raih Medali Emas di Ajang Bulutangkis

Satu medali lainnya datang dari Anthony Sinisuka Ginting yang menang dari wakil Guatemala, Kevin Cordon di pertandingan perebutan medali perunggu.

Sebelumnya, 3 medali yang dimiliki Indonesia datang dari cabang olahraga angkat besi.

Lifter senior Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil menyumbang perak di kelas 61 kg putra.

Ditambah dua medali perunggu yang diberikan Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73 kg putra dan Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg putri.

Raihan total 5 medali (1 emas, 1 perak, 3 perunggu) di Tokyo 2020 ini, membuat Indonesia mencatatkan prestasi yang lebih baik dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020: Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Perak untuk Indonesia

Lima tahun lalu, kontingen Indonesia tercatat sukses membawa pulang total tiga medali dengan rincian satu emas dan dua perak.

Medali emas Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dipersembahkan oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dari cabang olahraga bulu tangkis nomor ganda campuran.

Yang kemudian dilengkapi dengan dua medali perak dari Eko Yuli Irawan (62 kg putra) dan Sri Wahyuni Agustiani (48 kg putri) di cabor angkat besi.

Dengan total 5 medali, posisi Indonesia hingga Selasa (3/8/2021) pagi berada di urutan ke-35 klasemen Olimpiade Tokyo 2020.

Posisi Indonesia lebih baik daripada negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina (51), Thailand (51), dan Malaysia (75).

Tiongkok sejauh ini masih nyaman memimpin klasemen Olimpiade Tokyo 2020 dengan total raihan medali 29 emas, 17 perak, dan 16 perunggu. 

Baca Juga: Menpora Sambut Kepulangan Tim Olimpiade Tokyo Kloter 2 di Soekarno Hatta



Sumber : Olympics.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.