Kompas TV internasional kompas dunia

Kota di Kolombia Habis Kesabaran, Warga Penolak Vaksinasi Covid-19 Harus Isoman atau Penjara

Kompas.tv - 3 Agustus 2021, 06:24 WIB
kota-di-kolombia-habis-kesabaran-warga-penolak-vaksinasi-covid-19-harus-isoman-atau-penjara
Seorang pria menunjukkan sertifikat vaksinasi setelah menerima dosis vaksin Sinovac Covid-19 di Sumapaz, zona pedesaan Bogota pada 29 Juli 2021 (Sumber: Leonardo Munoz/AFP via France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BOGOTA, KOMPAS.TV - Pemerintah kota Sucre di Kolombia kehabisan kesabaran dengan orang-orang yang menolak vaksinasi Covid-19. Sikap tegas pun diambil dengan memerintahkan mereka untuk tinggal di rumah atau menghadapi denda, bahkan risiko penjara.

"Kita harus mengambil sikap tegas sebagai pemimpin. Setiap orang harus divaksinasi, jika tidak, mereka tidak bisa beredar di kotamadya Sucre," kata Wali Kota Elvira Julia Mercado di Blu Radio seperti dikutip France24, Selasa, (08/03/2021).

Mercado mengeluarkan perintah untuk tinggal di rumah selama delapan hari bagi orang-orang yang belum divaksinasi meskipun pemerintah kota memiliki dosis yang cukup untuk mengimunisasi semua 28.000 penduduknya.

Sejauh ini, hanya 10.000 orang yang memilih untuk menjalani vaksinasi, kata Mercado, menyalahkan berita palsu.

"Ada agama yang mengajarkan untuk enggan menjalani vaksinasi, anak muda yang dikatakan tidak akan diijinkan untuk minum-minum. Yang lain dikatakan mereka dua tahun lagi akan mati, dan ada juga yang terpengaruh bahwa vaksinnya adalah kerjaan kaum antikristus," katanya Mercado menceritakan berbagai alasan yang disebutkan warga penolak vaksinasi Covid-19.

Di bawah keputusan tersebut, orang yang tidak divaksinasi hanya boleh meninggalkan rumah untuk mengakses layanan kesehatan atau untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19

Baca Juga: 17 Tersangka Pembunuhan Presiden Haiti Ditangkap, Ada Warga Negara AS dan Mantan Tentara Kolombia

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin COVID-19 di sebuah lokasi vaksinasi di Santiago, Chile, pada 25 Maret 2021. (Sumber: Xinhua/Jorge Villegas)

Semua warga kota harus menunjukkan kartu vaksin untuk mengakses supermarket, bar, diskotik, restoran, bank, dan toko.

Mereka yang menentang tindakan tersebut berisiko didenda setara dengan 260 dollar AS, dan pelanggar berulang atau residivis dapat di penjara.

Tindakan itu akan ditinjau dalam waktu delapan hari, berdasarkan situasi epidemi saat itu.

Dengan 50 juta penduduk, Kolombia adalah negara Amerika Latin dengan kematian per kapita terbanyak ketiga setelah Peru dan Brasil dengan hampir lima juta infeksi yang dikonfirmasi dan 121.000 kematian yang dilaporkan.

Sekitar 12,2 juta orang sudah menjalani vaksinasi lengkap Covid-19.

Sucre adalah kotamadya pertama di negara itu yang bertindak melawan para penolak vaksin, tetapi Menteri Kesehatan Fernando Ruiz telah memperingatkan akan adanya langkah serupa di tempat lain.



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.