Kompas TV nasional berita utama

Luhut Sebut Kematian Covid-19 Banyak Terjadi karena Isolasi Mandiri, 4 Daerah Butuh Perhatian Khusus

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 20:17 WIB
luhut-sebut-kematian-covid-19-banyak-terjadi-karena-isolasi-mandiri-4-daerah-butuh-perhatian-khusus
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, angka kematian Covid-19 naik di sejumlah daerah karena isolasi mandiri. Sejumlah daerah akan mendapat perhatian khusus selama perpanjangan PPKM Level 4.

Secara keseluruhan, Menko Marves Luhut Pandjaitan menyebut, penerapan PPKM Level 4 sejauh ini telah membawa sedikit perbaikan.

“Kita melihat angka rata-rata penurunannya sudah 50%. Ini memberi harapan bagus. Tapi kita harus tetap hati-hati karena menghadapi varian Delta,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: PPKM Level 4 Jawa-Bali Diperpanjang, Presiden Jokowi: Sudah Mulai Ada Perbaikan, Terus Waspada

Sejumlah kabupaten/kota di Jawa-Bali mengalami perubahan status PPKM. Sejumlah 12 kabupaten/kota berubah status menjadi PPKM Level 3 dan 1 kabupaten akan menerapakan PPKM Level 2.

“Ada beberapa kabupaten/kota kembali masuk PPKM Level 4, bukan karena peningkatan kasus, tapi karena peningkatan angka kematian,” beber Luhut.

Luhut mengatakan, ada empat daerah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu Bali, Malang Raya, DI Yogyakarta, dan Solo Raya. 

“Ada beberapa daerah yang membutuhkan perhatian khusus karena masih tinggi jumlah kasus terkonfirmasi, positvity rate dan jumlah kematian warganya,” jelas Luhut.

Meski begitu, Luhut optimistis akan ada perbaikan lebih lanjut di daerah-daerah tersebut.

“Tapi, semua daerah sudah kami tangani. Kita mestinya melihat minggu ini akan membaik. Tadi angka sedikit membaik,” ucapnya.

Menurut Luhut, peningkatan kematian Covid-19 belakangan akibat banyak pasien yang lebih memilih isolasi mandiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.