Kompas TV nasional update corona

Berbahaya, Stigma Masyarakat Membuat Banyak Pasien Covid-19 Takut Untuk Lapor Diri

Senin, 2 Agustus 2021 | 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinyatakan sembuh dari covid-19 pertengahan Juli lalu, tak serta merta membuat Ermala leluasa beraktivitas di sekitar rumahnya.

Padahal, ia baru saja melalui krisis covid-19 dalam klaster keluarga, dan menjalani isolasi mandiri, dengan segala kesulitannya, di tengah tingginya angka kasus covid-19 di Jakarta.

Situasi serupa, tak hanya dirasakan Ermala Dewi, dan keluarganya.

Tak sedikit penyintas covid-19 yang harus menguatkan diri menghadapi stigma, meski virus tak lagi bersarang di tubuh mereka.

Jika mengacu pada protokol tatalaksana covid-19 terbaru yang dikeluarkan 5 Perhimpunan Dokter Indonesia, per 14 Juli lalu, pasien isolasi mandiri covid-19 dapat dinyatakan sembuh bila sudah menjalani isolasi selama 10 hari sejak terkonfirmasi positif covid-19 dari tes PCR, bagi pasien tanpa gejala.

Bagi pasien bergejala ringan, sudah menjalani isolasi 10 hari, ditambah 3 hari bebas gejala demam dan gangguan pernapasan.

Jika gejala batuk, atau demam, dan sesak masih dirasakan, masa isolasi bisa diperpanjang hingga gejala hilang, dan ditambah 3 hari bebas gejala.

Pasien tanpa gejala dan gejala ringan yang isolasi di rumah, bahkan tak perlu hasil negatif tes PCR jika sudah melalui masa isolasi.

Tes PCR kedua setelah isolasi mandiri hanya diperlukan bagi pasien bergejala berat dan kritis, di hari ke-11 atau 12 isolasi, atau setelah gejala klinis membaik.

Jika hasilnya masih positif, kemungkinan disebabkan oleh partikel fragmen virus yang tidak aktif, dan nilai cycle threshold, atau CT lah, yang menjadi pertimbangan dokter, untuk menyatakan kesembuhan pasien.

Penulis : Dea Davina

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Jenazah Ali Kalora Tiba di Palu

Minggu, 19 September 2021 | 11:00 WIB
Berita Daerah

Kontak Tembak dua Anggota MIT Tewas

Minggu, 19 September 2021 | 10:58 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19