Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Greysia/Apriyani Raih Emas, Begini Jejak Pendahulu Badminton Indonesia di Olimpiade Dunia

Senin, 2 Agustus 2021 | 14:23 WIB
greysia-apriyani-raih-emas-begini-jejak-pendahulu-badminton-indonesia-di-olimpiade-dunia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mempertahankan tradisi medali emas Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan wakil Tiongkok di final bulutangkis ganda putri, Senin (2/8/2021). (Sumber: BWF)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pasangan ganda putri Indonesia Gresia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas untuk cabang olahraga badminton di Olimpiade Tokyo 2020.

Medali ini didapat Greysia/Apriyani setelah berjuang melawan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China, Senin (2/8/2021).

Dengan demikian, Indonesia telah mengumpulkan sebanyak empat medali di Olimpiade Tokyo 2020, dengan rincian 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Selamat dan Terima Kasih Greysia/Apriyani, Ini Kado Ulang Tahun Kemerdekaan

Menilik sejarah badminton alias bulutangkis, cabang olahraga ini resmi dipertandingkan sejak Olimpiade Barcelona 1992.

Sebelumnya, badminton baru menjadi cabang yang didemonstrasikan (demonstration sport) pada Olimpiade Munich 1972 dan cabang exhibisi (exhibition sport) pada Olimpiade Seoul 1988.

Pada 1992, pertandingan cabang olahraga badminton hanya dipertandingan dengan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Barulah pada Olimpiade Atlanta 1996, nomor ganda campuran mulai dipertandingkan.

Dalam sejarah badminton pada olimpiade dunia, nama para atlet badminton Indonesia termasuk salah satu yang meninggalkan jejak sejarah di dalamnya.

Baca Juga: Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani Torehkan Sejarah Ganda Putri Bulu Tangkis Indonesia

Merangkum dari Kompas.com, Senin (2/8/2021), nama badminton Indonesia mulai mengudara di Olimpiade Munich 1972 setelah kemenangan untuk nomor tunggal putra oleh Rudy Hartono dan ganda putra oleh pasangan Ade Chandra/Chritian Hadinata.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:25
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19