Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani Torehkan Sejarah Ganda Putri Bulu Tangkis Indonesia

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 13:34 WIB
raih-emas-olimpiade-tokyo-2020-greysia-apriyani-torehkan-sejarah-ganda-putri-bulu-tangkis-indonesia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mempertahankan tradisi medali emas Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan wakil Tiongkok di final bulutangkis ganda putri, Senin (2/8/2021). (Sumber: BWF)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

TOKYO, KOMPAS.TV - Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan di laga final, Senin (2/8/2021). 

Bermain di Musashino Forest Plaza, Greysia/Apriyani berhasil menang straight game, 21-19, 21-15 dalam durasi laga selama 54 menit. 

Kemenangan Greysia/Apriyani membuat torehan sejarah bulu tangkis ganda putri Indonesia. Pasangan ini mencatatkan diri sebagai peraih medali emas di Olimpiade pertama kalinya bagi Indonesia. 

Baca Juga: Emas Olimpiade, Kado Manis Greysia Polii yang Ultah 11 Agustus

Faktanya, pasangan yang kini berada di peringkat 6 dunia juga merupakan peraih medali pertama di sektor ganda putri. 

Jika menilik sejarah, sebelum Greysia/Apriyani meraih emas pada hari ini, sektor ganda putri merupakan satu-satunya yang belum pernah menyumbang prestasi di Olimpiade. 

Namun, kini kekosongan di sektor tersebut sudah terisi. 

Sejak bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia total telah meraih 8 medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis. 

Mantan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Susi Susanti dan tunggal putra Alan Budikusuma merupakan dua pemenang emas pertama Indonesia. 

Kesuksesan Indonesia di bulu tangkis olimpiade berlanjut di Olimpiade Atlanta 1996, di mana ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja sukses pulang dengan medali emas. 

Lalu, ada ganda Tony Gunawan/Candra Wijaya pada Olimpiade 2000, Taufik Hidayat di Athena 2004 silam, Markis Kido/Hendra Setiawan di Beijing 2008, serta ganda campuran Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir di Olimpiade 2016. 

Baca Juga: BREAKING NEWS - Greysia Polii/Apriyani Rahayu Rebut Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.