Kompas TV entertainment musik

God Bless: Panggung Konser Indonesia Berubah Sejak Kedatangan Deep Purple Tahun 1975

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 20:10 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - God Bless menjadi band pembuka konser Deep Purple di Indonesia tahun 1975. Deep Purple adalah band hard rock Inggris yang terkenal di dunia.

Momen tersebut digunakan God Bless untuk belajar tentang konser musik. God Bless mengakui konser Deep Purple kala itu membawa banyak perubahan dalam industri konser musik Indonesia.

Menurut personel God Bless, konser di tahun 1970-an masih sangat sederhana, dan Deep Purple datang dengan peralatan yang sangat megah.

Baca Juga: God Bless Bakal Gelar Konser Virtual di Website KompasTV pada 31 Agustus 2021

Salah satu teknik panggung yang dipelajari God Bless saat itu adalah dry ice. Selain itu, konser tersebut juga mengajarkan teknik lighting panggung.

"Iya kita inget, kita manggung dulu cuma pakai lampu sorot, apa sih tuh lampu taman yang merah, hijau, jadi yang disorot muka kita, jadi nih muka kayak setan gitu ya, kayak muka kita disorot senter gitu. Sementara super grup ini (Deep Purple) dan band-band top luar itu udah pakai lighting rigg yang keren banget," ujar Achmad Albar dikutip dari channel Youtube God Bless.

Selain menjadi pelajaran bagi kelompok band rock, konser Deep Purple kala itu juga menjadi pelajaran bagi sejumlah pengusaha rental alat musik.

"Jadi nggak cuma kita aja yang belajar ya para musisi, tapi rental-rental alat musik itu, juga belajar. Jadi revolusi industri konser musik itu aku pikir berubah pas ada Deep Purple datang," tambah Achmad Albar.

Video editor: Agung

Baca Juga: Ada Dul Jaelani hingga Isyana Sarasvati, Berikut Line Up Artis di Konser God Bless



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x