Kompas TV entertainment lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 08:02 WIB
kapan-waktu-yang-tepat-untuk-minum-kopi-ini-penjelasannya
Ilustrasi kopi, waktu terbaik untuk minum kopi. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Kandungan kafein di dalamnya membuat kopi menjadi salah satu minuman yang dipercaya bisa membangkitkan semangat.

Beberapa orang percaya bahwa kopi paling enak diminum segera setelah bangun tidur, sedangkan yang lain percaya bahwa lebih baik menundanya beberapa jam setelah bangun tidur.

Baca Juga: Kopi dan Vitamin Gratis Untuk Warga Sudah Divaksin Covid-19

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi?

Melansir dari Healthline, Senin (2/8/2021), minum kopi setelah bangun tidur disebut mengurangi efek dari kafein karena hormin stres kortisol seseorang tengah berada di puncaknya saat bangun tidur.

Untuk diketahui, kortisol merupakan hormon yang mampu meningkatkan kewaspadaan dan fokus, mengatur metabolisme, respon sistem kekebalan, dan tekanan darah. Hormon kortisol mencapai pada puncaknya saat 30-45 menit setelah bangun tidur dan akan terus menurun seiring hari.

Sejumlah ahli menyarankan untuk meminum kopi pada pertengahan hingga akhir pagi saat tingkat hormon kortisol seseorang lebih rendah. Jika seseorang bangun pukul 06.00, maka waktu terbaik untuk minum kopi adalah sekitar pukul 09.00-11.00.

Baca Juga: Sejak Pertengahan Abad 17, Begini Sejarah dan Perkembangan Kopi di Jatim

Meski demikian, belum ada penelitian yang mengamati efek baik dari menunda minum kopi setelah bangun tidur. Namun, para ahli memang tidak menyarakan untuk minum kopi sesaat setelah bangun tidur.

Sebab, minum kopi saat kadar kortisol mencapai puncaknya bisa lebih meningkatkan kadar hormon ini lebih lanjut. Sementara peningkatan kadar kortisol dalam jangka panjang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh hingga masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, peningkatan kortisol yang didapat dari minum kopi ini cenderung akan berkurang pada orang yang secara teratur mengonsumsi kafein.

Baca Juga: Cocok sebagai Teman WFH, 7 Rekomendasi Es Kopi Susu Terkenal di Jakarta

Lain halnya jika meminum kopi untuk meningkatkan kinerja olahraga. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat menjadi suplemen alternatif yang lebih murah ketimbang mengonsumsi suplemen pre-workout.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kafein dapat menunda kelelahan olahraga dan meningkatkan kekuatan otot.

Waktu terbaik minum kopi untuk meningkatkan kinerja olahraga adalah 30-60 menit sebelum olahraga. Waktu tersebut merupakan waktu yang dibutuhkan kafein untuk mencapai puncaknya di tubuh seseorang.



Sumber : Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x