Kompas TV regional berita daerah

Minat Donor Plasma Konvalesen Tinggi

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 06:46 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Keinginan para penyintas Covid-19 di Kebumen untuk mendonorkan plasma konvalesen untuk penyembuhan pasien covid 19 ternyata cukup tinggi.  Dalam sehari tidak kurang ada 10 hingga 15 orang yang mendaftarkan diri di PMI Kebumen menjadi pendonor.


Menurut Kepala Pelayanan Masyarakat PMI Kebumen, dr Yuanita Citra Safitri mengakui PMI Kebumen saat ini belum bisa menyetok darah plasma konvalesen dikarenakan umurnya yang singkat hanya 1x24 jam dan harus segera ditransfusikan ke pasien. “padahal permintaan terhadap darah plasma konvalesen sendiri cukup tinggi,” Katanya. 


yuanita juga mengaku para penyintas covid 19 di kebumen yang mendaftarkan diri untuk donor plasma konvalesen cukup tinggi. “Akan tetapi skrining plasma lebih rumit dari donor darah biasanya sehingga banyak calon pendonor plasma yang gagal di skrining awal,” tambahnya.

PMI Kebumen juga telah membuka grup whatsapp bagi para penyintas covid 19 untuk membantu para pasien covid yang sedang berjuang melawan penyakitnya. para penyintas covid 19 tersebut juga baru diperbolehkan donor setelah 10 hari dan untuk hasil yang optimal maksimal 3 bulan,  setelah dinyatakan sembuh dari Covid 19.

Karenanya bagi para penyintas covid 19 yang telah sembuh diharapkan untuk mendonorkan darah plasma konvalesen di PMI Kebumen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x