Kompas TV nasional update corona

Anies: Warga Jakarta yang Sudah Vaksin Dua Kali Bebas ke Mana Saja

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 00:55 WIB
anies-warga-jakarta-yang-sudah-vaksin-dua-kali-bebas-ke-mana-saja
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saan memantau vaksinasi di Puskesmas Sunter Agung 3, Kamis (18/6/2021). (Sumber: Twitter: Anies Baswedan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan warga di Ibu Kota yang sudah menerima vaksin dua kali atau lengkap bisa bebas ke mana saja.

Menurut dia, saat ada pemeriksaan penyekatan, maka warga yang sudah menjalani vaksinasi kali kedua akan langsung diloloskan.

Baca Juga: Anies: Seluruh Aktivitas di Jakarta akan Kembali Normal jika Masyarakat DKI Sudah Vaksin Lengkap

Anies menjelaskan, warga yang sudah dua kali divaksin maka akan berstatus hijau. Hal itu bisa dilihat melalui aplikasi Jakarta Kini atau JAKI.

"Jadi kalau mau kemana-mana, buka aplikasinya (JAKI) tunjukan Anda hijau, Anda bisa kemana saja. Warna merah jangan pergi-pergi dulu karena berisiko," kata Anies melalui keterangannya Minggu (1/8/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Anies menjelaskan, indikator warna hijau atau merah pada aplikasi JAKI merupakan tanda bahwa seseorang sudah divaksin atau belum.

Menurutnya, indikator warna merah, kuning, dan hijau dalam aplikasi JAKI akan menjadi patokan bagi petugas di lapangan untuk mengetahui seseorang sudah vaksin atau belum.

Baca Juga: Anies: Jakarta Masuk Zona Aman Covid-19 Kalau Tingkat Kasus Positif di Bawah 5 Persen

"Tinggal masukan nomor induk kependudukan (ke Aplikasi JAKI) lalu akan muncul warna hijau sudah vaksin 2 kali, warna kuning sudah vaksin 1 kali, warna merah belum vaksin," tutur Anies.

Lebih lanjut, Anies mengibaratkan bahwa vaksinasi sama seperti helm ketika mengendarai kendaraan bermotor roda dua.

Seorang pengendara sepeda motor yang menggunakan helm belum tentu terhindar dari kecelakaan. Namun helm itu akan mengurangi risiko fatal saat terjadi kecelakaan.

"Tapi kalau Anda pakai helm, sampai kejadian kecelakaan pun insyaallah risiko fatalitas lebih rendah," ucap Anies.



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.