Kompas TV nasional peristiwa

Asyik, Bansos Beras Mulai Disalurkan ke Warga Jakarta, 5 Hal Ini Penting Diperhatikan

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 06:50 WIB
asyik-bansos-beras-mulai-disalurkan-ke-warga-jakarta-5-hal-ini-penting-diperhatikan
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dan Bank DKI mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) yang diberikan kepada 1.055.216 keluarga penerima manfaat (KPM). (Sumber: (Dokumentasi Corsec Bank DKI))
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diberikan sejak Kamis (29/7/2021) hingga 17 Agustus nanti, Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menyalurkan bantuan nontunai dalam bentuk beras untuk warga Jakarta. 

Sebelum menerima bansos beras tersebut, setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan warga Jakarta.

Lima hal tersebut antara lain:

1. Bagi masyarakat Jakarta yang hendak mengetahui daftar penerima bansos tersebut, dapat mengeceknya dengan cara membuka web site corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial.

Baca Juga: ICW: Selama Proses Perkara Bansos, KPK Selalu Melakukan Kejanggalan

2. Jika website telah terbuka, jangan lupa untuk memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan tekan tombol 'cari'.

3. Jika nama anggota keluarga atau identitas KK tercantum, artinya masuk ke dalam daftar penerima bansos.

4. Jika masyarakat menemukan penyalahgunaan dalam penyaluran bantuan sosial, maka dapat melapor ke Dinas Sosial melalui call center Dinas Sosial di Nomor 022-22684824.

5. Selain lewat call center, masyarakat juga melaporkan penyalahgunaan penyaluran bansos melalui sejumlah aplikasi seperti JAKI, kanal CRM Pemprov DKI Jakarta, hingga website corona.jakarta.go.id.

Baca Juga: Jangan Sampai Ada Lagi Bansos "Disunat"

Seperti diberitakan Kompas TV sebelumnya, tercatat, ada 1.007.397 keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bansos tersebut.

Rincian jumlah penerima bansos di wilayah Jakarta yakni, untuk Jakarta Pusat sebanyak 50.526 KPM, Jakarta Timur 457.250 KMP, Jakarta Selatan 142.029 KMP, Jakarta Barat 73.948 KMP dan Kepulauan Seribu sekitar 2.496 KMP.

Adapun Kepala Dinsos DKI Jakarta Premium Lasari sebelumnya mengatakan, setiap keluarga penerima manfaat (KMP) akan mendapatkan bantuan beras 10 kilogram jenis premium.

Dalam hal ini, penyaluran bantuan sosial dilakukan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya yang diserahkan langsung ke KPM melalui perangkat RT atau RW setempat.

"Intinya, kami sudah memiliki data by name by address setiap penerima bantuan ini dan akan disalurkan ke titik lokasi RW atau RT," terang Premi, Rabu (28/7/2021) kemarin.

Baca Juga: Anies Mendadak Surati Mensos Risma soal Bansos DKI, Ada Apa?

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.