Kompas TV entertainment musik

Bamsoet Imbau Musisi Segera Bergabung dalam LMK Guna Kelancaran Royalti Lagu

Minggu, 1 Agustus 2021 | 23:15 WIB
bamsoet-imbau-musisi-segera-bergabung-dalam-lmk-guna-kelancaran-royalti-lagu
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan salah satu kendala pemberian royalti kepada para musisi adalah kurangnya data lagu dan musik yang bisa dijadikan acuan.

Kendala tersebut terjadi karena masih banyak pencipta lagu di Indonesia yang mau mendaftarkan hasil karyanya di Kementerian Hukum dan HAM.

Oleh karena itu Bamsoet mengimbau untuk para musisi agar segera bergabung dalam Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) agar pemberian hak royalti atas lagu-lagu bisa dilakukan.

"Para musisi harus bergabung dalam LMK sebagai lembaga yang diberikan kewenangan menghimpun dan mendistribusikan royalti," kata Bamsoet saat ngobrol santai (Ngobras) dengan Ketua Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo) Nanda Persada dikutip dari Antara, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Gelar Konser God Bless, KompasTV Rilis Layanan Streaming Berbayar "Bioskop KompasTV"

Bamsoet juga meminta Nanda untuk melakukan suatu gebrakan agar para musisi bisa lebih mudah untuk mendapatkan hak royalti atas karya yang dihasilkan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 56 tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik pada 30 Maret 2021.

"Dalam PP tersebut pemerintah memastikan para musisi mendapatkan hak royalti atas karya lagu atau musik yang digunakan dalam kegiatan komersial atau pada pelayanan publik," ujarnyaa.

Ia menuturkan pemberian dan pemungutan royalti termasuk pemutaran musik di ruang lingkup kegiatan yang wajib membayar royalti, mulai dari pertunjukan, pengumuman dan komunikasi ciptaan dengan tujuan komersial yang dilakukan secara analog ataupun digital.

Baca Juga: Duta Sheila on 7 Akui God Bless adalah Panutan dalam Berkarya

Penulis : Dian Nita | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Antara




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:39
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19