Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Junta Militer Myanmar Nyatakan Diri sebagai Perdana Menteri yang Baru

Minggu, 1 Agustus 2021 | 22:03 WIB
pemimpin-junta-militer-myanmar-nyatakan-diri-sebagai-perdana-menteri-yang-baru
Panglima Angkatan Darat Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing mendeklarasikan pemerintah sementara negara dan dirinya, Min Aung Hlaing, ditunjuk sebagai perdana menteri. (Sumber: Associated Press)

BANGKOK, KOMPAS.TV - Junta militer Myanmar pada Minggu (8/1/2021) mendeklarasikan diri sebagai pemerintah sementara negara yang diperangi itu, dengan kepala Min Aung Hlaing ditunjuk sebagai perdana menteri.

Pengumuman itu kemungkinan akan menjadi variabel baru saat para menteri luar negeri ASEAN mengadakan pertemuan virtual pada hari Senin (02/08/2021), untuk menemukan jalan ke depan dalam krisis politik dan kemanusiaan yang telah berlangsung enam bulan di Myanmar.

Meskipun ASEAN belum secara resmi mengakui junta militer Myanmar, perwakilan Junta sudah mengambil bagian dalam pertemuan resmi ASEAN.

Akses serupa belum diberikan kepada para pemimpin Pemerintah Persatuan Nasional saingan yang mencakup anggota parlemen terpilih yang digulingkan oleh kudeta militer 1 Februari.

Dalam pidato 50 menit yang disiarkan melalui media pemerintah pada hari Minggu, Jenderal Senior Min Aung Hlaing berjanji untuk mengadakan pemilihan umum yang "bebas dan adil" dan mencabut keadaan darurat saat ini pada Agustus 2023.

Hlaing mengklaim pemilihan November 2020 yang memilih kembali pemerintahan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) penuh kecurangan.

Panglima junta militer Myanmar itu juga mengatakan, "Myanmar siap untuk bekerja sama dengan ASEAN dalam kerangka ASEAN, termasuk dialog dengan utusan khusus ASEAN untuk Myanmar."

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Resmi Batalkan Hasil Pemilu 2020, Enam Bulan Setelah Kudeta Militer

Pemimpin terguling Myanmar Aung San Suu Kyi dan staf pribadinya telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19 sejak ditahan oleh militer, kata pengacaranya pada Selasa (06/07/2021). (Sumber: Straits Times via Reuters)

Sebelumnya, dia tampaknya menolak konsensus lima poin tentang krisis Myanmar yang disepakati oleh para pemimpin ASEAN pada bulan April.

Junta mengatakan akan bekerja sama dengan ASEAN hanya jika langkah-langkah yang diusulkan melengkapi peta jalannya.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19