Kompas TV regional berita daerah

Titik Api Di Sumsel Mulai Menyebar

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 21:23 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

SUMATERA SELATAN, KOMPAS.TV - Sebaran titik panas di Sumatera Selatan, mulai menyebar disejumlah daerah.

Dari patroli udara yang dilakukan Satgas Udara Karhutla Sumsel, menemukan sejumlah lahan yang terbakar.

Patroli udara yang dilakukan Sub Satgas Udara Karhutla Sumsel, pada Minggu pagi (01/08/2021), menemukan sejumlah titik api yang menyebabkan kebakaran lahan di Sumatera Selatan.

Lahan-lahan yang terbakar tersebut di Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Kecamatan Tempirai, Penungkal Abab Lematang Ilir, yang berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim, di areal ini sebagian merupakan lahan gambut.

Selanjutnya di Kecamatan Telung Selapan, Ogan Komering Ilir, yang merupakan lahan gambut. Serta Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin.

Hasil patroli udara ini, kemudian diteruskan pada Tim Satgas Darat dan Udara, gabungan Manggala Agni Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan di sejumlah daerah operasi, BPBD, TNI, Polri yang melakukan pemadaman.

Daerah-daerah yang titik apinya sulit dijangkau tim darat, dilakukan pemadaman dari udara dengan helikopter. Minggu 01/08/2021) dari citra satelit Lapan, mencatat sebaran titik panas di Sumsel pada pagi hari sebanyak 57 titik dan turun pada siang hari hanya 20 titik.

Sumatera Selatan, sudah mengajukan tambahan helikopter, pada BNPB untuk proses pemadaman udara, saat ini Sub Satgas Udara Karhutla Sumsel berkekuatan 7 helikopter water boombing, yang sebelumnnya 5 unit.

Dari prakiraan BMKG Sumsel pada Agustus, memang memasuki puncak musim kemarau dengan ditandai minimnnya hujan, membuat sejumlah lahan kering dan berpotensi terjadinya kebakaran lahan.

#karhutla #patroliudara #sumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x