Kompas TV internasional kompas dunia

Jadi Pusat Wabah Corona di AS, Florida Catatkan Rekor Kasus Harian Tertinggi

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 17:07 WIB
jadi-pusat-wabah-corona-di-as-florida-catatkan-rekor-kasus-harian-tertinggi
Ilustrasi pantai di Florida. Amerika Serikat pada Juli 2021, saat kasus harian selama pandemi Covid-19 mulai melonjak. (Sumber: GettyImages)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pusat wabah virus Corona di Amerika Serikat (AS) baru saja muncul di negara bagian terpadat ketiganya yakni Florida yang menyumbang satu dari lima kasus terkini.

Bloomberg melaporkan, ada sekitar 21.683 kasus baru di Florida pada akhir pekan kemarin dan memecahkan rekor harian sejak pandemi mulai merebak, sebagaimana dikutip oleh Kontan.co.id, Minggu (1/8/2021).

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lonjakan infeksi baru di Florida telah terjadi selama sebulan terakhir.

Padahal, pada bulan sebelumnya, angka tersebut sempat mendekati catatan terendah yakni 1000 kasus harian yang baru.

Baca Juga: Benua Amerika Sumbang Seperempat Kasus Covid-19 dan 40 Persen Kematian Global akibat Pandemi

Lebih lanjut, saat ini sejumlah rumah sakit di Florida memiliki tingkat penerimaan pasien harian tertinggi, dengan tingkat tes positif 18,1 persen atau lebih dari dua kali rata-rata nasional 7,8 persen.

CDC pun mengeluarkan data yang menunjukan, penerimaan pasien baru naik lebih dari 50 persen dari minggu sebelumnya.

Sementara itu, Gubernur Ron DeSantis mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengatasi persoalan tersebut dengan menandatangani perintah eksekutif.

Dalam perintah itu, secara efektif, wilayah Broward County akan dibatasi dan aturan memakai masker di dalam ruangan bakal kembali diterapkan.

Baca Juga: Studi di Amerika Serikat Sebut Obat Masitinib Dapat Hambat Virus Covid-19

"Saya hanya ingin mengatakan, di Florida tidak akan ada penguncian, tidak akan ada penutupan sekolah. Warga Florida telah, sedang, dan akan tetap bebas memilih apa yang terbaik untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka." kata DeSantis, Jumat (30/7/2021) kemarin.

Sejalan dengan perintah itu, beberapa bisnis di Florida juga telah menerapkan kembali kebijakan masker di lokasi usahanya.

Seperti Walt Disney Co. yang mewajibkan pemakaian masker bagi setiap pengunjung taman bermainnya di Florida, setelah pelonggaran sempat dilakukan karena banyak orang yang sudah divaksinasi.

Adapun, Ford Motor Co. juga memberlakukan kembali persyaratan memakai masker untuk beberapa pekerja di fasilitasnya, termasuk yang ada di negara bagian Sunshine.

Sebelumnya, pada bulan Juli, Florida telah meminta Mahkamah Agung AS untuk membebaskan industri pelayaran dari aturan Gaunlet of Preconditions.

Karena regulasi buatan CDC itu dinilai telah merugikan negara hingga puluhan juta dolar dalam pendapatan pelabuhan dan biaya lainnya.



Sumber : Kontan.co.id/Bloomberg

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.