Kompas TV regional peristiwa

Cerita Ayu Miranda Petugas PLN yang Tagih Tunggakan Listrik hingga Diludahi Pelanggan

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 14:30 WIB
cerita-ayu-miranda-petugas-pln-yang-tagih-tunggakan-listrik-hingga-diludahi-pelanggan
Kolase foto petugas PLN Ayu Miranda yang diludahi oleh pelanggan saat mengingatkan tagihan listrik. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

MEDAN, KOMPAS.TV - Petugas PLN bernama Ayu Miranda mungkin tak menyangka bakal diludahi pelanggan saat menagih biaya tagihan listrik.

Berbekal surat tugas, Ayu bersama tiga rekannya menumpang mobil mendatangi rumah salah satu pelanggan PLN di Jalan Halat, Kelurahan Pasar Merah Barat, Kota Medan pada Kamis 29/7/2201).

Baca Juga: Pria yang Ludahi Petugas PLN Ternyata Pelanggan Prioritas, Segini Tagihan Listrik yang Harus Dibayar

Ayu diberi tugas oleh kantornya agar mengingatkan pelanggan bernama Muhammad Reza Sitio untuk segera melunasi kewajibannya.

Bukan tanpa alasan Ayu diminta turun langsung ke lapangan. Kantornya berharap dengan menugaskan wanita, pelanggan yang dikabarkan sering bersikap kasar termasuk ke petugas PLN lapangan itu bisa melunak.

Namun, ternyata sikap pelanggan tersebut tak berbeda. Reza tetap marah-marah saat diingatkan agar melunasi tagihan listrik sebesar Rp 719.749 disertai denda keterlambatan Rp 75.000.

Menurut Ayu, Reza berstatus pelanggan prioritas. Artinya, pelanggan rumah tangga dengan pemakaian daya listrik yang cukup besar. Selain rumah, penggunaan listrik oleh Reza juga untuk bisnis berupa kafe.

Baca Juga: Pengakuan Pria yang Ludahi Petugas PLN: Saya Emosi, Dia Keluarkan Statement yang Buat Saya Sedih

Lebih lanjut, Ayu menceritakan, sejak awal menemui pelanggannya, ia dan rekan-rekannya mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

Saat itu, Ayu menjelaskan baik-baik dan memberikan pilihan kepada Reza untuk melunasi biaya tagihan atau listriknya diputus sementara.

Mendengar penjelasan itu, alih-alih memilih salah satu, Reza justru tidak terima dan marah-marah hingga mengusir Ayu dan petugas PLN lainnya dari rumahnya.

"Pada saat itu, dari awal kami menerima perlakuan yang tidak menyenangkan. dengan memaki dan mengusir kami," kata Ayu dikutip dari Kompas.com pada Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Hingga Juli Subsidi Listrik Capai Rp 72,5 Triliun, Kinerja PLN Naik

"Padahal, kami sudah mengedukasi dan menjelaskan dengan baik kepada pelanggan dan memberikan pilihan, sebenarnya untuk dilunasi atau dilakukan pemutusan sementara."

Ayu menuturkan, pelanggannya itu bahkan sempat akan mengambil ponselnya sembari melontarkan kata-kata kasar.

Aksi pelaku pun tidak cukup sampai di situ. Ayu menuturkan, pelaku Reza juga memukul mobil dan terakhir meludahi Ayu yang sudah masuk ke dalam mobil.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.