Kompas TV nasional peristiwa

Penerapan PPKM Strategi untuk Kendalikan Covid-19, BNPB: Jangan Tanya Diperpanjang Atau Tidak

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 13:29 WIB
penerapan-ppkm-strategi-untuk-kendalikan-covid-19-bnpb-jangan-tanya-diperpanjang-atau-tidak
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito (Sumber: tangkap layar kanal YouTube BNPB Indonesia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

MALANG, KOMPAS.TV - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meminta kepada masyarakat untuk tidak risau soal keputusan pemerintah akan memperpanjang PPKM Level 4 atau tidak. 

Mengingat, kata Ganip, kebijakan tersebut merupakan bentuk proteksi dari pemerintah kepada masyarakat dari ancaman penularan Covid-19. 

Sebab itu, dia meminta agar semua lapisan masyarakat dapat bekerja sama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta mematuhi aturan pemerintah secara disiplin. 

"Hidup dengan disiplin. Jadi jangan tanya PPKM diperpanjang atau tidak, itu bagian dari mengendalikan laju penularan agar tidak semakin melebar, supaya kita bisa memutus rantai COVID-19," kata Ganip dikutip dari ANTARA, Minggu (1/8/2021). 

Ganip mengatakan jika pelaksanaan PPKM dapat berjalan dengan baik, dan masyarakat mematuhi seluruh aturan selama masa pembatasan tersebut, diharapkan mampu meredam penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Jadi jangan alergi dengan PPKM. Karena, jka hulu terkendali, penyebaran virus, saya yakin bisa dikendalikan," tegasnya. 

Selain itu, Ganip mengungkapkan percepatan vaksinasi Covid-19 juga merupakan upaya pemerintah untuk memberikan proteksi kepada masyarakat. 

Meski penyuntikan vaksin tidak sepenuhnya dapat mencegah dari infeksi Covid-19, namun vaksin dapat mencegah gejala berat saat terpapar virus corona. 

Baca Juga: Penumpang MRT Jakarta Turun 80 Persen sejak PPKM Darurat Diberlakukan

"Kita juga memproteksi dengan cara divaksin. Risiko kematian kecil saat terpapar COVID-19. Bukan tidak ada (risiko kematian), tapi kecil," jelasnya. 

Kepala BNPB ini berharap dengan adanya vaksinasi untuk masyarakat tersebut, bisa menciptakan kekebalan kelompok dari virus Corona.

Saat ini, Pemerintah tengah memberlakukan perpanjangan PPKM Level 4 mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Sejumlah daerah menerapkan level PPKM berbeda sesuai dengan kategori yang diatur pemerintah. PPKM di Jawa-Bali didominasi level 3 hingga 4. Sementara untuk daerah di luar Jawa-Bali, menerapkan PPKM beragam dari level 2 hingga 4.

Namun masih belum diketahui apakah pemerintah akan kembali memperpanjang PPKM lagi atau tidak. Karena hal ini tergantung dengan kondisi dan perkembangan Covid-19 di Tanah Air selama PPKM Level 4 ini diterapkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.