Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

1 Agustus 2021, Giant Resmi Tidak Beroperasi

Kompas.tv - 1 Agustus 2021, 09:52 WIB
1-agustus-2021-giant-resmi-tidak-beroperasi
Diskon besar-besaran Giant Pamulang Square sebelum tutup permanen 3 April 2021 (Sumber: Facebook Giant Pamulang Square)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jaringan toko swalayan Giant resmi menutup seluruh gerai di Tanah Air. Hal ini selaras dengan keputusan PT Hero Supermarket, Tbk selaku pengelola yang memutuskan untuk menutup seluruh gerai Giant di Indonesia per akhir Juli 2021.

Dalam siaran pers Selasa (25/5/2021), Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall menjelaskan, penutupan Giant merupakan bagian dari langkah Hero yang akan lebih fokus pada pengembangan gerai merek lainnya, yaitu IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket.

Menurut Patrik strategi bisnis ini bentuk adaptasi Hero Group terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah. 

Baca Juga: Dampak Pandemi, Giant dan Gerai Ritel Modern Lainnya Bertumbangan

Pengalihan fokus bisnis pun dilakukan untuk merespons turunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia.

“Keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi kami percaya keputusan ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang PT Hero Supermarket Tbk,” ujar Patrik.

Sebagai bagian dari fokus baru ini, PT Hero Supermarket Tbk akan mengubah hingga lima gerai Giant menjadi IKEA, yang diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan.

Gerai Giant lainnya akan dengan berat hati ditutup pada akhir Juli 2021, walaupun negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant kepada pihak ketiga masih berlangsung.

Baca Juga: Giant Resmi Tutup di Indonesia, Terakhir Beroperasi Hari Ini, 31 Juli 2021

Selain itu, PT Hero Supermarket Tbk juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket.

“Kami akan memastikan bahwa proses komunikasi dengan seluruh karyawan kami yang terdampak oleh perubahan ini akan berlangsung dengan penuh empati dan rasa hormat. Kami juga akan memastikan proses yang adil bagi seluruh mitra bisnis kami,” ujar Patrik.

Sejarah Giant

Kisah Giant dimulai pada tahun 1944 ketika toko pertama keluarga Teng Meng Chun ini dibuka di Sentul Pasar, Malaysia, dan diperluas dengan pembukaan Pusat Minimarket Teng di Bangsar pada tahun 1974.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.