Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Covid-19 di Tokyo Tembus 4.058 Kasus, Sejumlah Atlet Dilaporkan Langgar Pembatasan

Minggu, 1 Agustus 2021 | 07:01 WIB
kasus-covid-19-di-tokyo-tembus-4-058-kasus-sejumlah-atlet-dilaporkan-langgar-pembatasan
Seorang pesepeda tampak melintas di dekat Kompleks Kampung Atlet pada Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang. Foto diambil pada 15 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Jae C. Hong, File)

TOKYO, KOMPAS.TV – Kasus penularan Covid-19 baru di kota tuan rumah Olimpiade, Tokyo, dilaporkan menembus rekor hingga 4.058 kasus pada Sabtu (31/7/2021). Jumlah ini melampaui rekor sebelumnya yang mencapai 4.000 kasus selama Olimpiade Tokyo berlangsung.

NHK melaporkan, total kasus secara nasional mencapai 12.341 kasus per Sabtu (31/7/2021) pukul 6.30 malam waktu setempat. Jumlah ini naik 15 persen dari kasus harian sebelumnya.

Rekor tertinggi kasus penularan ini terjadi sehari setelah Jepang memutuskan untuk memperpanjang Status Keadaan Darurat di tiga prefektur dekat Tokyo dan prefektur di barat Osaka hingga akhir Agustus mendatang.

Melansir Al Jazeera, langkah-langkah darurat akan tetap diberlakukan hingga Olimpiade usai dan Paralimpiade dimulai pada 24 Agustus.

Baca Juga: Perkenalkan Muamar Qadafi, Pelatih Asal Solo yang Bantu Kevin Cordon Lolos Semifinal Olimpiade Tokyo

Di tengah kekhawatiran akan meningkatnya kasus Covid-19, penyelenggara Olimpiade Tokyo menyatakan pada Sabtu (31/7/2021) bahwa mereka telah mencabut akreditasi sejumlah atlet karena meninggalkan Kampung Atlet untuk berjalan-jalan. Para penghuni Kampung Atlet dilarang keluar kompleks untuk tujuan yang tak berhubungan dengan Olimpiade – seperti berjalan-jalan – sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Penyelenggara Olimpiade tidak mengungkap berapa banyak atlet yang akreditasinya dicabut, atau memerinci apakah pelanggaran itu dilakukan oleh atlet atau non-atlet, atau kapan pelanggaran itu terjadi.

Sementara itu, pihak berwenang memperingatkan bahwa kasus penularan Covid-19 harian di Tokyo bisa menembus 4.500 kasus dalam dua pekan ke depan.

Pemerintah Jepang bergantung pada kerja sama warga dalam meredam penyebaran Covid-19. Jam malam yang ketat tak pernah diberlakukan di Jepang sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Baca Juga: Gara-gara Pasang Foto "Jelek" Atletnya di Olimpiade Tokyo, China Kecam Media Barat

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : AL Jazeera


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19