Kompas TV nasional kesehatan

Simak, Ini Cara Mengenali Kanker Payudara dan Mendeteksinya Lebih Dini

Minggu, 1 Agustus 2021 | 00:00 WIB
simak-ini-cara-mengenali-kanker-payudara-dan-mendeteksinya-lebih-dini
Hari Kanker Sedunia, lakukan SADARI untuk mendeteksi kanker payudara lebih dini. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Andhika Rachman SpPD-KHOM menyebut beberapa kanker bisa dideteksi dini oleh penderitanya. Termasuk kanker payudara.

dr Andhika membagikan menjelaskan cara mendeteksi dini kanker dengan melihat beberapa ciri khusus dari kanker-kanker yang sering dialami secara global dan juga di Indonesia.

Kata dr Andhika, gejala khusus yang dialami penderita kanker payudara. Menurut dia, kanker payudara biasa dialami oleh perempuan dan bisa dideteksi sejak dini mulai dari remaja melalui gerakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) atau Anda bisa mencari video pemeriksaan dini kanker payudara pada perempuan lewat kata kunci Breast Self Examination (BSE).

Caranya, dengan meraba sendiri searah jarum jam atau berlawanan jarum jam, perempuan bisa mendeteksi dirinya memiliki potensi kanker payudara atau tidak.

Deteksi BSE atau SADARI baiknya dilakukan satu minggu setelah menjalani menstruasi.

Adapun gejala umumnya, lanjut dia, adalah adanya benjolan di sekitar payudara, adanya kemerahan dan keluhan nyeri pada saat payudara diraba atau disentuh. 

Benjolan mencurigakan di dekat ketiak seperti kelenjar getah bening juga termasuk sebagai gejala umumnya.

Baca Juga: Waspada Kista dan Kanker Ovarium pada Wanita!

Selain kanker payudara, dr Andhika lebih jauh menjelaskan bagaimana mendeteksi dini kanker usus. 

Kanker usus bisa dideteksi secara mudah dan sering dialami oleh orang yang jarang mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki pola makan yang tidak sehat.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Jimbe Buatan Bali Tembus Pasar Dunia

Rabu, 15 September 2021 | 14:32 WIB
Berita Daerah

Kesiapan Mall Di Denpasar

Rabu, 15 September 2021 | 14:16 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19