Kompas TV nasional kesehatan

Berikut Ini Cara Deteksi Dini Kelenjar Getah Bening, Bisa Dilakukan di Rumah

Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:59 WIB
berikut-ini-cara-deteksi-dini-kelenjar-getah-bening-bisa-dilakukan-di-rumah
Ilustrasi kanker paru. Dalam rangka Hari Kanker Sedunia, Kamis (4/2/2021), pakar mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegak kanker paru. (Sumber: SHUTTERSTOCK/create jobs 51)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Segala macam penyakit akan lebih baik jika bisa dideteksi lebih dini. Termasuk kanker.

Deteksi dini ini ada baiknya dilakukan pada masyarakat yang memiliki hubungan darah dengan penderita kanker, karena sering kali faktor kanker semakin besar pada orang-orang dengan anggota keluarga yang sebelumnya pernah mengalami kanker sejenis.

Lalu, bagaimana cara mendeteksi dini kanker?

Dokter spesialis penyakit dalam, Dr dr Andhika Rachman SpPD-KHOM dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membagikan beberapa cara untuk mendeteksi kanker dengan pemeriksaan mandiri. Bisa dilakukan di rumah tanpa perlu berkonsultasi terlebih dahulu.

Deteksi dini itu meliputi gejala umum hingga cara mendeteksi kanker berdasarkan lokasinya.

Kata dr Andhika, secara umum sebenarnya tubuh sudah memberikan tanda-tanda terjadi suatu kanker. Ia memisalkan demam. Demam muncul bukan karena terjadi suatu infeksi.

"Jadi, suhu normal manusia itu 36,7 Celcius sampai 37,2 Celcius sedangkan untuk demam penderita kanker itu biasanya di atas 37,2 Celcius tapi di bawah 38 Celcius," jelas dr Andhika dilansir dari Antara, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Jadi Pembicara Kanker Payudara di Turki, Nikita Mirzani Senang Tak Perlu Pakai Masker

Keluhan demam tersebut, lanjut dr Andhika, biasanya disertai ciri khas kedinginan di sore hari sampai dini hari. Lalu ada juga benjolan di bagian tubuh yang disertai rasa nyeri yang tidak tertahan dan dirasakan terus menerus.

Selain tanda-tanda di atas, dr Andhika juga membagikan beberapa ciri khusus dari kanker-kanker yang sering dialami secara global dan juga di Indonesia. Salah satunya kanker paru atau kelenjar getah bening. 

Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Antara




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19