Kompas TV video cerita indonesia

Bantah Joe Biden, Wagub DKI Pastikan Jakarta Tidak Tenggelam Dalam 10 Tahun

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 17:54 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat yang menyebut, Indonesia akan tenggelam dalam 10 tahun.

Ia berpendapat, Jakarta memang memiliki permukaan tanah yang rendah dan mengalami penurunan setiap tahun.

Meski demikian, Riza menegaskan,  hal ini tidak berarti membuat Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun.

"Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam, di antaranya penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM," katanya saat konferensi pers lewat secara online, Sabtu (31/7).

Baca Juga: Ditanya Soal Kewajiban Pakai Masker, Presiden Joe Biden: Kita Ikuti Sains

Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta terus bekerja sama dengan PUPR membuat sejumlah program, seperti percepatan pipanisasi, air bersih, hingga air minum di Jakarta.

Diharapkan dengan program terserbut, penurunan permukaan tanah dapat dikurangi.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurangi muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam. Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi," jelas Riza.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat berpendapat di dalam sebuah pernyataan resmi Gedung Putih yang menyebut, Indonesia kemungkinan harus memindahkan ibu kotanya karena Jakarta diprediksi akan tenggelam dalam 10 tahun, karena dampak perubahan iklim. 

“Apa yang  terjadi di Indonesia jika perkiraan itu benar, bahwa dalam sepuluh tahun, mereka kemungkinan harus memindahkan ibu kota karena Jakarta akan tenggelam?”, ungkap Biden dalam pernyataan resmi tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.