Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berikut Ini Tips Diet Seimbang untuk Cegah Kaker

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 15:55 WIB
berikut-ini-tips-diet-seimbang-untuk-cegah-kaker
Ilustrasi kanker paru. Dalam rangka Hari Kanker Sedunia, Kamis (4/2/2021), pakar mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegak kanker paru. (Sumber: SHUTTERSTOCK/create jobs 51)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggalakan beberapa kegiatan untuk mencegah peningkatan kasus kanker di Indonesia.

Di antaranya, mengimbau masyarakat untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Cut Putri Arianie MH.Kes menyebutkan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat masih menjadi pemicu utama kanker di Indonesia.

Dari itu, Kemenkes terus menggencarkan promosi kesehatan tentang cara-cara pencegahan kepada masyarakat sehingga angka kasus kanker di Indonesia tidak terus bertambah banyak.

“Didasari dengan prinsip- prinsip hidup sehat kita bisa mencegah terjadinya kasus baru," kata Cut dilansir dari ANTARA, Sabtu (31/7/2021).

Dengan menerapkan pola hidup sehat, lanjut Cut, bisa mencegah kasus kanker yang merupakan penyakit tidak menular.

"Ini perlu ditekankan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat masih menjadi faktor risiko yang menambah tinggi angka kasus kanker," sambungnya.

Adapun gaya hidup yang menjadi pemicu kasus kanker yang dimaksud Cut adalah merokok, meminum alkohol, hingga kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Adapun pola makan yang tidak sehat seperti berlebihnya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, garam, dan lemak.

Menghindari hal-hal buruk itu, Cut Putri mengimbau masyarakat untuk menaati aturan diet sehat-seimbang yang menjadi pedoman dari Kementerian Kesehatan, yakni dengan mengisi piringnya menggunakan skema 1/4 bagian untuk karbohidrat, 1/4 bagian untuk protein, dan 1/2 bagian untuk sayur-sayuran dan buah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.