Kompas TV regional viral

5 Fakta Viral Rafael Malalangi yang Akhirnya Lulus Jadi Casis Polisi

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 16:02 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

MANADO, KOMPAS.TV - Pihak kepolisian Polda Sulawesi Utara langsung menggelar jumpa pers dengan menghadirkan langsung keluarga Calon Siswa Bintara Polri, Rafael Malalangi.

Dalam jumpa pers tersebut menyebutkan bahwa Rafael Malalangi melalui kebijakan Kapolri diluluskan masuk pendidikan di Polda Sulawesi Utara.

Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Jules Abraham Abast membenarkan awalnya memang nama Rafael Malalangi berada di urutan 22 sesuai kuota di wilayah Polres Minahasa Selatan.

Namun, pada saat selesai sidang kelulusan pada 22 Juli 2021, ada calon siswa atas nama Franco Efraim Kowal asal pendaftaran Minahasa Selatan menyatakan keberatan terhadap hasil kelulusan.

Menanggapi keberatan ini/ pihak Polda Sulawesi Utara pun langsung mengadakan pencocokaan nilai akhir dari Casis Franco Efraim Kowal tersebut. Setelah dicek benar bahwa casis atas nama Franco masuk ke urutan 14, sehingga menggeser nama casis atas nama Rafael Malalangi yang sebelumnya berada di urutan 22.

Pihak Polda sulut pun mengakui bahwa adanya kesalahan input data dari hasil calon siswa ini.

Namun, berdasarkan kejadian komplain dari casis Rafael Malalangi ini, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana mengusulkan pada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk dinyatakan lulus terpilih masuk pendidikan bintara Polri.

Kapolri pun menyetujui casis Rafael Malalangi ini masuk dalam pendidikan pada gelombang satu tahun 2022.

Casis Rafael Malalangi pun mengatakan bahagia bercampur haru perasaannya. Ia menyampaikan terima kasih pada pihak Polri khususnya Polda Sulut yang sudah membantu dirinya untuk mengikuti pendidikan gelombang satu pada tahun 2022 nanti.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.