Kompas TV nasional kesehatan

Soal Stok Vaksin Covid-19, Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes: "Kita Missednya di Produksi"

Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:43 WIB

KOMPAS.TV - Jangankan 5 juta dosis sehari seperti yang diinginkan Presiden.

Hingga bulan Juli berakhir, target vaksin 1 juta dosis per hari pun hanya bisa dihitung jari.

Capaian paling tinggi, terjadi pada 14 Juli dengan 2,4 juta dosis dan menjadi rekor angka vaksinasi terbanyak selama pandemi Covid-19.

Namun, beberapa hari terakhir, angka vaksinasi Covid-19 harian di sejumlah daerah, menurun bahkan dihentikan sementara.

Stok vaksin yang habis, memaksa pemerintah daerah untuk menunda vaksinasi massal, padahal animo masyarakat untuk divaksinasi, begitu tinggi. Seperti yang terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Di Surabaya, Jawa Timur, masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis pertama bahkan khawatir karena mereka terlambat mendapatkan suntikan dosis kedua.

Stok vaksin Covid-19 yang tak sebanding dengan tingginya animo warga juga terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Hal ini pun disorot, Wakil Sekjen Partai Demokrat, Jansen Sitindaon yang baru mendapat vaksinasi dosis kedua, setelah bergerilya mencari vaksin.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, ada beberapa penyebab. Salah satunya ketidaktercapaian target produksi vaksin Covid-19.

"Kita missednya di produksi. Karena estimasi kita produksi itu bisa 5-7 juta tapi realisasinya hanya 3-5 juta per minggu kemarin. Kemudian ada sedikit terlambat waktu QC dari BPOM, ini yang beberapa kita identifikasi," kata Siti Nadia dalam program Sapa Indonesia Malam.

Kemenkes menyebut, total vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia baru 173 juta dosis.

Ini baru 30 persen dari total kebutuhan vaksin sebanyak 462 juta dosis.
Padahal, vaksinasi menjadi sangat krusial di tengah gempuran Covid-19 varian delta yang ganas.(*)
 

 

DISCLAIMER
Artikel ini adalah hasil revisi dari artikel yang semula berjudul, "Stok vaksin Covid-19 di daerah Habis, Kemenkes Akui Salah Hitung".

 

 

BACA JUGA:

WASPADA VARIAN DELTA, INI CARA TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH ANAK https://www.kompas.tv/article/196607/waspada-varian-delta-ini-cara-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-anak

Penulis : Anjani Nur Permatasari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19