Kompas TV regional viral

Akhirnya Rafael Malalangi Lulus Seleksi Bintara Polri, Usai Kapolri dan Kapolda Sulut Turun Tangan

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 12:03 WIB
akhirnya-rafael-malalangi-lulus-seleksi-bintara-polri-usai-kapolri-dan-kapolda-sulut-turun-tangan
Rafael Malalangi, calon siswa Bintara Polri yang sempat viral di media sosial Indonesia. (Sumber: Dok. Polda Sulut)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rafael Malalangi merupakan seorang calon siswa Bintara Polri yang belakangan ini namanya santer dibicarakan di media sosial Indonesia.

Hal tersebut bermula ketika sebuah video menampilkan pengakuan Rafael terkait namanya yang hilang dari daftar calon siswa Bintara Polri.

Padahal sebelumnya, nama Rafael masih tertera dalam lembar pengumuman Polda Sulawesi Utara (Sulut), hingga kemudian tiba-tiba hilang digantikan oleh orang lain.

Namun, kini Rafael sudah bisa bernapas lega lantaran proses penanganan masalahnya menghasilkan keputusan bahwa ia tetap dapat mengikuti pendidikan Bintara Polri.

Baca Juga: Bareskrim Polri Ungkap Modus Debt Collector Pinjol Tagih Utang Nasabah, Cemarkan Nama Baiknya

Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Jules Abraham Abast menjelaskan, keputusan tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan dan kebijakan pimpinan rapat yang membahas komplain dari calon siswa Bintara Polri.

Jules menuturkan, Kapolda Sulut mengajukan usulan agar Casis Rafael Malalangi dapat diikutkan mengikuti pendidikan Bintara Polri pada Gelombang I tahun 2022 mendatang.

"Usulan tersebut pun diajukan kepada Bapak Kapolri, dan beliau sudah menyetujui dan mengakomodir untuk penambahan kuota sebanyak satu orang atas nama Rafael Malalangi untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri pada Gelombang I tahun 2022," ujar Jules.

Setelah kejadian ini, Propam Polda Sulut memeriksa panitia seleksi (pansel) Penerimaan Terpadu Anggota Polri TA 2021 di Sulut dengan dugaan adanya kesalahan manusia atau human error.

Baca Juga: Kasus Pemalsuan Tabung Oksigen dengan APAR Terbongkar, Polri Tetapkan 6 Tersangka

Sementara itu, setelah dinyatakan lolos seleksi, Rafael dan keluarganya tak bisa menutupi rasa haru dan bahagianya.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Sulut yang sudah menerima saya menjadi calon Anggota Polri," ujar Rafael.

"Saya senang, saya cinta Polri, dan saya bangga. Untuk persiapan pendidikan, saya akan rajin latihan, belajar, dan tidak melakukan hal-hal yang buruk," imbuhnya.

Ayah Rafael, Kenli Malalangi tak lupa menyampaikan permintaan maaf atas viralnya video pengakuan Rafael soal namanya yang hilang dari daftar calon siswa Binara Polri di media sosial.

"Saya dan keluarga meminta maaf kepada Bapak Kapolri, Bapak Kapolda Sulut, dan seluruh jajaran kepolisian atas beredarnya video tersebut," kata Kenli saat konferensi pers di Mapolda Sulut, Jumat (30/7/2021).



Sumber : Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.