Kompas TV nasional update corona

Epidemiolog: Indonesia Menuju Jebakan Pandemi!

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 12:53 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Pandu Riono mengatakan Indonesia sedang menuju jalur jebakan pandemi.

Hal ini ia sampaikan di akun Twitternya pada 30 Juli 2021.

“Indonesia menuju Pandemic Trap!” tulisnya.

Ia menjelaskan saat ini Indonesia belum mempunyai target yang jelas untuk menyelesaikan kapan berakhirnya Pandemi Covid-19.

Pandu Riono mengingatkan kepada Presiden Jokowi agar jangan melakukan pengetatan yang responsif. Tapi, harusnya mencegah hal dan antisipasi agar lonjakan kasus Covid-19 tak terjadi.

“Pengetatan Kegiatan Penduduk (Lockdown) berdampak buruk bila terlambat dilakukan dan dalam situasi panik karena lonjakan sdh bikin RS semaput. Jadi pak@Jokowi, jangan lakukan pengetatan yg responsif tapi untuk cegah dan antisipasi agar lonjakan tidak terjadi. KPC-PEN tak berguna,” tulisnya.

Pandu Riono mengusulkan agar beri kesempatan sistem kesehatan publik siap dengan mewajibkan pakai masker dan 3M, memperkuat tes, tracing dan isolasi yang benar serta menggenjot Vaksinasi Covid-19 dengan prioritas.

Pak @jokowi Indonesia itu melakukan Lockdown- Pembatasan Aktifitas Penduduk. Itu pilihan sementara, bukan permanen. Untuk beri kesempatan agar sistem Kesehatan Publik siap, wajibkan pakai Masker dan 3M. Wajib perkuat Tes-Tracing & Isolasi yg benar. Genjot Vaksinasi dg prioritas," tulisnya.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x