Kompas TV regional berita daerah

Kabar Baik BOR Jabar Turun, Ridwan Kamil Usul Pengetatan Skala Mikro

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 07:45 WIB
kabar-baik-bor-jabar-turun-ridwan-kamil-usul-pengetatan-skala-mikro
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk dapat kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. 

Usulan tersebut, kata Ridwan Kamil, seiring adanya penurunan terhadap tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) di Jabar setiap minggunya.

"Pengetatan-pengetatan akan kami usulkan kepada pemerintah pusat supaya berbasis mikro," kata Ridwan Kamil seperti yang dikutip dari laman Pemprov Jabar, Sabtu (31/7/2021). 

Hal ini, lanjut pria yang kerap disapa Kang Emil, dikarenakan tidak semua wilayah memiliki kondisi kedaruratan yang sama.

Menurut penjelasannya, terdapat beberapa wilayah mikro di Jabar berstatus zona hijau yang tidak perlu pembatasan yang terlalu ketat.

"Agar lebih adil di dalam satu tempat mungkin ada yang merah tapi ada juga yang hijau harusnya tidak dipersamakan seperti yang dialami sebulan terakhir," tegasnya. 

Sementara itu, Kang Emil memaparkan, sebelumnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit Jabar pascalibur Idulfitri terus menanjak dan sempat menyentuh 90 persen. 

Baca Juga: Kurangi Ketergantungan APBD, Ridwan Kamil Lobi 70 Perusahaan Cari Dana untuk Tangani Covid-19

Namun, pada Jumat (30/7/2021), dia mengatakan, tingkat BOR di rumah sakit di Jabar telah turun di angka 55,17 persen.

Angka tersebut, kata dia, sudah di bawah batas aman yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yakni 60 persen. 

"BOR kita per tanggal 30 Juli sudah di 55,17 persen ini sudah melewati batas kedaruratan dari WHO," jelasnya. 

Lebih lanjut, dia berharap turunnya BOR ini juga berdampak pada keterkendalian kasus aktif, kematian, dan kesembuhan pasien. Dengan demikian kebijakan pengetatan bisa diturunkan. 

Meski BOR di Jabar sudah mengalami penurunan, namun Kang Emil tetap meminta warga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

Yakni dengan terus pakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas. 

Baca Juga: Wagub Jabar Optimistis Target Vaksinasi di Jabar Selesai Desember 2021!



Sumber : Kompas TV/Laman Pemprov Jawa Barat

BERITA LAINNYA



Close Ads x