Kompas TV nasional politik

Viral Influencer Ikut Vaksin Dosis Ketiga di DPRD DKI, Dinkes: Itu Info Bohong

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 07:20 WIB
viral-influencer-ikut-vaksin-dosis-ketiga-di-dprd-dki-dinkes-itu-info-bohong
Sebuah unggahan viral di Twitter mengenai dugaan pemberian vaksin ketiga terhadap influencer di Gedung DPRD DKI Jakarta. (Sumber: Tangkapan layar Twitter/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta memastikan belum membuka vaksin dosis ketiga atau booster kepada masyarakat umum.

Belakangan di media sosial beredar tentang adanya influencer sudah mendapat booster vaksin Covid-19.

Dalam unggahan foto yang viral di media sosial seorang influencer mengaku divaksin tiga kali dengan latar belakang gedung DPRD DKI Jakarta.

Baca Juga: Kemenkes Laksanakan Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Tenaga Kesehatan

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia TL Handayani menjelaskan, fakta sebenarnya dari informasi yang menyebutkan adanya vaksin ketiga untuk masyarakat umum adalah tidak benar.

Ia juga memastikan latar belakang gedung DPRD DKI Jakarta sebagai tempat vaksinasi booster adalah informasi bohong alias hoax.

Dwi menegaskan, vaksin booster baru dilakukan di rumah sakit-rumah sakit vertikal untuk para nakes.

Menurutnya, vaksin dosis ketiga bagi nakes dapat diberikan sesuai jenis vaksin yang diberikan pada dosis pertama dan kedua atau menggunakan vaksin Moderna.

Baca Juga: Viral Anggota DPRD Solo Berkaraoke di Ruang Komisi, Ini Kata Gibran..

"Vaksin booster saat ini belum diberikan bagi masyarakat umum, jadi masih terbatas untuk nakes," ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/7/2021).

Lebih lanjut, Dwi menilai, menyebarkan berita bohong terkait penanganan pandemi sama saja tidak mendukung langkah yang dilakukan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Ia meminta masyarakat bersikap arif dalam menerima informasi yang beredar di media sosial dan tidak perlu menyebarkannya lagi.

Baca Juga: TEGAS! Dokter Tirta: Edukasi Covid-19 Jangan Pakai Influencer, tapi Tenaga Kesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x