Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Siksa Tahanan Perempuan Palestina di Tepi Barat

Jumat, 30 Juli 2021 | 23:40 WIB
israel-siksa-tahanan-perempuan-palestina-di-tepi-barat
Ilustrasi - Kerabat remaja Palestina Mohammed Al-Tamimi, yang terbunuh oleh pasukan Israel dalam bentrokan pada Jumat. Israel dilaporkan melakukan penyiksaan fisik dan melecehkan martabat tahanan perempuan Palestina di penjara mereka, seperti dilansir Anadolu, Kamis (29/07/2021) (Sumber: Mohamad Torokman/Reuters via Antara)

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Israel dilaporkan melakukan penyiksaan fisik dan melecehkan martabat tahanan perempuan Palestina di penjara mereka.

Hal ini diungkap Commission for Detainees and Ex-Detainees' Affairs yang dikelola oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), seperti dilansir Anadolu, Kamis (29/07/2021), dikutip Antara hari Jumat.

Menurut PLO, 40 tahanan perempuan mengalami kondisi yang sulit dan sesi investigasi yang diklaim brutal di penjara.

Tahanan perempuan menderita penyiksaan psikologis dan perampasan kebutuhan dasar, lanjut laporan tersebut.

Kelompok itu mengutip kesaksian Mona Qa'dan, perempuan tua berusia 50 tahun asal Jenin di Tepi Barat, yang dijebloskan ke penjara Israel tiga bulan lalu.

Qa'dan menjadi sasaran sesi interogasi 20 jam selama 22 hari berturut-turut dari pukul 08.30 - 04.00 keesokan harinya dengan kondisi tangan diborgol. Ia juga mendapat makian dari penyelidik Israel serta ancaman bahwa anggota keluarganya akan ditangkap.

Baca Juga: Pemukim Yahudi Ilegal Bentrok dengan Jamaah Palestina di Masjid Al Aqsa

Pengungsi anak-anak Palestina terlihat berlindung di sebuah sekolah milik PBB di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan, pada 17 Mei 2021. (Sumber: Xinhua/Khaled Omar)

Baca Juga: Sistem Pertahanan Rudal Buatan Rusia Berhasil Hancurkan Serangan Rudal Israel ke Suriah

Perempuan berusia 50 tahun itu ditahan di sel kotor yang sangat lembab dan berbau busuk. Ketika dirinya meminta alat kebersihan, permintaannya pun ditolak.

Qa'dan sudah keenam kalinya ditangkap dan ia menghabiskan total delapan tahun di penjara Israel, menurut Komisi.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19