Kompas TV nasional peristiwa

TNI AU Resmikan Satuan Udara Baru, Kasau: Untuk Menyelamatkan Jiwa Manusia

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 21:02 WIB
tni-au-resmikan-satuan-udara-baru-kasau-untuk-menyelamatkan-jiwa-manusia
Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUD PP) Wing 4 Lapangan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat diresmikan hari ini, Jumat (30/7/2021). (Sumber: Dok. TNI AU)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

BOGOR, KOMPAS.TV - Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUD PP) Wing 4 Lapangan Udara Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat diresmikan hari ini, Jumat (30/7/2021).

Satuan baru yang diresmikan langsung Kepala staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ini bertujuan untuk menyelamatkan jiwa manusia.

"Saya ingin mengingatkan bahwa satuan ini memiliki tujuan yang sangat mulia karena terkait secara langsung dengan keselamatan jiwa manusia," kata Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kasau juga menjelaskan, satuan udara ini dibentuk berawal dari inisiatif pimpinan TNI AU tentang kebutuhan pengembangan organisasi dalam melaksanakan tugas operasi udara khusus.

Baca Juga: Buntut Oknum TNI AU Injak Kepala Orang Papua, Panglima TNI Copot Danlanud Merauke

Dalam hal ini, satuan udara yang bertugas secara khusus melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan (OPP) sebagaimana tercantum pada Doktrin Swa Bhuwana Paksa.

Selain itu juga, satuan udara ini dibentuk lantaran sebagai upaya tindak lanjut dari Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang organisasi dan Tugas Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja.

Terlebih Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat luas, tentunya kehadiran satuan udara baru ini dapat memberi nilai strategis bagi pelayaran dan penerbangan dunia.

Baca Juga: Angkie Yudistia Sayangkan Tindakan Anggota TNI AU yang Lakukan Kekerasan ke Penyandang Disabilitas

Bahkan, Indonesia dari letak geografisnya merupakan jalur lalu lintas terpadat di dunia. Sebab, lautan dan udaranya dilewati kapal dan penerbangan udara baik tingkat nasional maupun internasional.

Fokus pada pencarian dan pertolongan, pihaknya tidak hanya fokus pada wilayah NKRI, melainkan meluas hingga dunia internasional. Sehingga dengan hadirnya satuan udara baru ini dapat secara permanen bertuga untuk melakukan pencarian dan pertolongan, penyiapan alutsista, serta melaksanakan pembinaan kemampuan dan profesional.

"Tugas pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang tidak ringan, terlebih cakupan NKRI yang luas," tambahnya.

Nantinya dalam bertugas, satuan udara baru ini akan bersinergi dengan kementerian dan lembaga lain, khususnya Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Artinya, satuan udara ini secara khusus akan mengoperasikan alutsista guna melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan taktis.

Baca Juga: Anggota Komisi I: Proses Hukum 2 Oknum TNI AU yang Injak Kepala Orang Papua Harus Transparan

Bahkan lebih jauh, satuan ini dapat berperan dalam Operasi Militer selain Perang TNI pada masa mendatang.

Bersamaan dengan peresmian satuan udara baru, Kasau juga melantik Komandan Pertama SATUD PP Wing 4, yakni Mayor Pnb Tatag Onne Setiawan.

Hadir pada acara peresmian, antara lain Ka BNPP, Asisten Kasau, Pangkoopsau I, para Kepala Dinas dijajaran Mabesau, pejabat BNPP serta para pejabat Lanud Atang Sendjaja.

Di akhir sambutan, Kasau menegaskan kepada seluruh anggota Satud PP untuk menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh negara dengan sebaik-baiknya, serta utamakan keselamatan terbang dan keselamatan kerja dalam setiap kegiatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.