Kompas TV regional update corona

Rumah Peneliti Wanagama UGM Disulap Jadi Selter Covid-19 di Gunungkidul

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 19:05 WIB
rumah-peneliti-wanagama-ugm-disulap-jadi-selter-covid-19-di-gunungkidul
Rumah peneliti Wanagama UGM di Gunungkidul disulap menjadi selter bagi pasien Covid-19 bergejala ringan. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- UGM menambah fasilitas penanganan Covid-19. Rumah peneliti Wanagama UGM di Gunungkidul disulap menjadi selter bagi pasien Covid-19 bergejala ringan.

Bukan pertama kali ini, Wanagama UGM dijadikan sebagai selter. Sebelumnya, tempat ini menjadi selter bagi warga yang hasil rapid tesnya reaktif. Saat ini, tempat ini dijadikan sebagai selter bagi pasien Covid-19 yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pemanfaatan rumah peneliti Wanagama sebagai selter diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah daerah dalam menangani pasien dan menekan angka kematian," ujar Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Budiadi, seusai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Gunungkidul dengan Fakultas Kehutanan UGM, Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: 2 Penginapan Milik UGM Disulap Jadi Selter Pasien Covid-19, Bebas Biaya Perawatan

Menurut Budiadi, isolasi mandiri di selter rumah Wanagama UGM bisa lebih maksimal karena tidak berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan lingkungannya lebih sehat. Harapannya, pasien Covid-19 yang diisolasi di selter ini bisa lebih cepat sembuh.

Ada 51 tempat tidur di selter Wanagama. Selain kamar isolasi terdapat ruang khusus IGD yang dilengkapi dengan konsentrator oksigen serta ruangan khusus bagi tenaga kesehatan.

Selter ini dikelola oleh Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul. Selama ini, hutan pendidikan Wanagama digunakan sebagai tempat praktikum dan penelitian bagi mahasiswa maupun dosen Fakultas Kehutanan UGM.

Namun mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda dan pemberlakuan kebijakan PPKM, aktivitas praktikum mahasiswa di Wanagama untuk sementara ditiadakan.

"Aktivitas penelitian dapat tetap dilakukan di luar area rumah penelitian dengan sejumlah pengaturan untuk mencegah penularan Covid-19 dan untuk praktikum mengikuti kebijakan PPKM dan fakultas,” ucap Direktur Wanagama, Dwiko Budi Permadi.

Sementara, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengapresiasi kerja sama dengan UGM yang membuka selter Wanagama. Jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Gunungkidul saat ini berkisar 2.500 orang.

Baca Juga: Lonjakan Kasus Covid-19 Bikin Rusun Polairud Polda DIY Jadi Selter Isolasi Mandiri

"Dengan ada selter terpadu harapannya tidak ada lagi masyarakat yang meninggal saat melakukan isolasi mandiri di rumah karena terlambat dibawa ke rumah sakit," tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.