Kompas TV klik360 sinau

Berapa Lama Durasi Makan yang Ideal bagi Tubuh?

Jumat, 30 Juli 2021 | 18:02 WIB

KOMPAS.TV - Masing-masing orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk menghabiskan santapan makanannya. Hal ini bisa dipengaruhi oleh padatnya aktivitas hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Lalu, sebenarnya berapa lama waktu yang pas untuk makan?

Durasi makan seseorang berpengaruh pada kondisi tubuhnya. Sebuah studi menunjukkan, makan lebih lambat dapat dikaitkan dengan risiko obesitas yang lebih rendah.

Kepala Bagian Psikologi di Cleveland Clinic’s Center for Behavioral Health Department of Psychiatry and Psychology, Leslie Heinberg, mengatakan orang yang makan dengan cepat cenderung memiliki berat badan lebih.

Makan dengan santai memungkinkan waktu yang cukup untuk memicu sinyal dari otak. Menurut Heinberg, waktu ideal untuk makan adalah lebih dari 20 menit atau sekitar 30 menit.

Aktivitas makan butuh proses untuk mengenali rasa dan teksturnya sehingga sampai pada kesimpulan apakah kita suka makanan tersebut atau tidak. Setelah makanan sampai ke perut dan usus, barulah otak melepaskan hormon tertentu dan memberitahu tubuh bahwa kita sudah kenyang.

Dibutuhkan waktu hingga 20 menit agar otak mengirimkan sinyal merasa kenyang begitu seseorang mulai makan. Seorang pemakan cepat (fast-eater) akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit daripada pemakan lambat (slow-eater).

Supaya bisa makan 15-20 menit, disarankan untuk mengunyah makanan lebih sering agar lebih mudah diolah tubuh. Melansir Healthline, sebuah riset menyatakan jumlah kunyahan sebaiknya berkisar 15-40 kali.

Makan dengan perlahan tidak hanya membantu untuk makan lebih sedikit, tetapi juga meningkatkan kenikmatan pengalaman makan.

Agar merasa cepat kenyang, makanan perlu mengandung kombinasi yang baik dari protein, lemak dan karbohidrat.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Massa duduki kantor partai golkar kolaka

Selasa, 14 September 2021 | 08:47 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19