Kompas TV entertainment musik

Ini Dia, Deretan Drummer God Bless dari Masa ke Masa

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 19:46 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Posisi drummer di grup musik rock punya peran penting untuk menstabilkan ritme bermusik. Termasuk God Bless, yang dalam 48 tahun terakhir ini mengalami beberapa kali pergantian posisi penggebuk drum.

Fuad Hassan adalah drummer pertama sekaligus pilar awal God Bless. Ia tergabung dengan formasi pertama God Bless pada penampilan debutnya di Taman Ismail Marzuki pada 5 Mei 1973.

Kabar duka datang pada 1974, Fuad Hassan dan Soman Lubis meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Bangkit dari kesedihan, Achmad Albar dan Donny Fattah mengajak beberapa nama untuk mengisi kekosongan di grup. Salah satunya adalah Teddy Sujaya yang mengisi posisi drummer.

Bertahan cukup lama di God Bless, Teddy terlibat dalam pembuatan beberapa judul album yaitu God Bless, Cermin, Semut Hitam, Raksasa, dan Apa Kabar?.

Setelah vakum selama 5 tahun, God Bless kembali pada 2002 dengan formasi teranyar. Posisi drummer diisi oleh Inang Noorsaid, namun kiprahnya tak berlangsung lama karena ia mengundurkan diri pada 2003.

Kekosongan pemain drum di God Bless sempat diisi oleh Gilang Ramadhan. Gilang bergabung dengan God Bless sejak 2003, namun perjalanan formasi ini terhenti pada akhir 2007 akibat keputusan God Bless untuk menghentikan seluruh aktivitas hingga kasus hukum yang menyangkut sang vokalis selesai.

God Bless kembali muncul pada 2009 dengan formasi baru, kali ini posisi drummer diisi oleh Yaya Moektio, yang juga anggota Gong 2000. Yaya diketahui terlibat dalam pembuatan album God Bless berjudul “36th” yang dirilis pada 2009.

Pada penampilan God Bless di event Java Jazz 2012, sosok Fajar Satritama tampil sebagai additional player menggantikan Yaya Moektio. Di event Jakarta Fair 2012, God Bless tampil dengan posisi drummer yang sudah dipegang oleh Fajar Satritama.

Fajar juga terlibat dalam pembuatan album “Cermin 7” yang dirilis pada 2016, dan menjadi bagian dari formasi God Bless yang bertahan hingga saat ini.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.