Kompas TV regional berita daerah

Hunian Hotel Turun Drastis, Karyawan Diliburkan Secara Bergiliran

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 16:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Akibat pandemi Covid-19, tingkat hunian pengunjung hotel di Jember Jawa Timur turun hingga 10 persen. Untuk menghindari kerugian lebih besar, pihak manajemen hotel terpaksa meliburkan karyawan secara bergiliran.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Jember, Teguh Soeprajitno, pada Kamis (29/07/2021). Menurutnya penerapan PPKM Darurat hingga level 4 berdampak pada industri perhotelan dan restoran di Jember.

Tingkat hunian pengunjung hotel kini menurun drastis, antara 5 hingga 10 persen dari kapasitas kamar yang tersedia. Bahkan penurunan lebih parah dibandingkan pada pandemi Covid-19 tahun 2020.

Pengurus PHRI Jember berharap ada bantuan dari pemerintah, salah satunya meringankan biaya listrik dan memberikan kompensasi pembayaran pajak bangunan serta operasional.

Baca Juga: Pemkab Jember Siapkan Bansos untuk Pelaku Usaha Terdampak PPKM Darurat

Untuk menghindari kerugian, sejumlah hotel dan restoran memilih tutup sementara usahanya, karena biaya operasional hotel jauh lebih tinggi dibandingkan pendapatan.

Bahkan sebagian lainnya meliburkan karyawan tanpa berbayar secara bergiliran untuk mengurangi biaya operasional.

 

#HunianHotelMenurun #PPKMLevel4 #Restoran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.