Kompas TV nasional sosial

Sekarang, Bunda Dapat Edukasi untuk Anak melalui Podcast Dongeng Pilihan Orangtua

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 14:23 WIB
sekarang-bunda-dapat-edukasi-untuk-anak-melalui-podcast-dongeng-pilihan-orangtua
Podcast Dongeng Pilihan Orangtua
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - KG Media bersama media anak meluncurkan kanal berisikan konten dongeng berbasis audio melalui platform siniar (podcast), yaitu “Dongeng Pilihan Orangtua”.

Konten siniar ini merupakan salah satu konten produksi yang merupakan bagian jadi jaringan konten audio KG Media bernama Medio.

Program audio ini menyusul Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli. 

Project Manager Medio, Sulyana Andikko mengatakan siniar tersebut berdasarkan masukan dari para profesional, siswa, dan pendidik yang kelelahan menatap layar dalam kesehariannya. 

KG Media mencoba memberikan solusi agar anak, orang tua, dan juga pendidik bisa mendapatkan sumber hiburan yang edukatif dan berkualitas.

“Sebagai salah satu sumber hiburan di kala pandemi ini, konten berbasis audio relatif tidak ‘posesif’ terhadap panca indera. Sehingga harapannya bisa menemani hari-hari keluarga maupun profesional di rumah saja, yang bagi sebagian dari kita mungkin terasa menjenuhkan,” terang Sulyana memalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/7/2021). 

Siniar itu dapat dioptimalkan bagi orang tua maupun guru sebagai suplemen bahan ajar di tengah situasi pandemi.

Oleh sebab itu, lanjut Sulyana, siniar dongeng dapat menjadi alternatif medium pembelajaran yang menarik dan seru bagi anak-anak.

Senada dengan Sulyana, Lucia Triundari, Editor in Chief Children Media Grid Network menyebut podcast tersebut akan menjadi salah satu alat bagi orang tua atau guru dalam mencari ide cerita untuk menyisipkan nilai atau pelajaran-pelajaran yang ingin disampaikan pada anak.

Terutama untuk guru taman kanak-kanak (TK) yang dituntut untuk bisa bercerita dan mendongeng agar anak-anak tidak bosan ketika belajar.

“Guru dapat memulainya melalui podcast ini dalam memilih cerita yang menarik untuk dibawakan ketika mengajar. Atau ketika orang tua bersama anaknya dapat mendengarkan dongeng ini bersama-sama sehingga terjadilah komunikasi antara orang tua dengan anak ketika membicarakan dongeng,” imbuh Lucia.

Baca Juga: Apresiasi Hari Anak Nasional, Sekolah di Solo Ini Buat Film Berjudul Jagoan PL



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.