Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Mulai Divaksin Covid-19

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 13:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 1.600 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas I Kedungpane Kota Semarang, pada Rabu (28/07/2021) pagi mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Petugas lapas mengaku kesulitan mengatur para narapidana untuk menjaga jarak karena kondisi lapas yang kelebihan kapasitas. 

Vaksinasi Covid-19 dilakukan di dalam area lapas. Proses vaksinasi pun berjalan cukup tertib, mulai dari antrean, skrining, penyuntikan dan observasi pasca penyuntikan. Dari 1.700 warga binaan, hanya 1.600 orang yang menjalani vaksinasi Covid-19 selama dua hari yakni tanggal 28 hingga 29 Juli 2021. Sementara sisanya belum bisa divaksin karena terkendala penyakit bawaan atau komorbid.

Selama pandemi, pihak lapas mengaku kesulitan menerapkan jaga jarak bagi warga binaan, karena kondisi lapas yang kelebihan kapasitas. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam lapas aturan memakai masker dan mencuci tangan diperketat serta melakukan vaksinasi.

“Jumlah warga binaan yang divaksin sebanyak 1.601 orang dan akan dilaksanakan vaksin dosis pertama selama 2 hari yakni 28 dan 29 Juli 2021. Kita untuk physical distancing tidak bisa kita lakukan, makanya kita meminta warga binaan divaksin dan pengetatan yang bisa kita lakukan hanya memakai masker dan cuci tangan,” kata Supriyanto, Kalapas Kelas I Kedungpane Kota Semarang.

Salah seorang warga binaan mengaku merasa aman dan nyaman dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19, karena dengan upaya vaksinasi bisa mencegah penyebaran Covid-19, karena di dalam kamar sel tidak bisa menjaga jarak sehingga rentan tertular Covid-19.

“Merasa aman setelah divaksin Covid-19, karena di dalam lapas narapidana tidurnya berkumpul dan dengan upaya vaksinasi bisa mencegah penyebaran Covid-19,” kata Subari, warga binaan.

Vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga binaan ini tidak hanya untuk mendukung program percepatan vaksinasi, namun juga untuk mewujudkan herd immunity bagi masyarakat.

#covid19 #wargabinaan #vaksinasi



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.