Kompas TV bisnis kebijakan

Kabar Gembira! Pemerintah Perpanjang Diskon Listrik Hingga Desember 2021

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 11:38 WIB
kabar-gembira-pemerintah-perpanjang-diskon-listrik-hingga-desember-2021
Ilustrasi: listrik PLN. (Sumber: dok PLN))
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril,  mengungkapkan PLN siap menjalankan keputusan Pemerintah untuk perpanjangan stimulus listrik hingga Desember 2021.

“PLN siap untuk mendukung program pemerintah menyalurkan stimulus listrik kepada pelanggan yang sudah terdaftar. Kami sudah siapkan mekanisme penyalurannya serta pengaduannya," katanya pada Dialog Produktif KPCPEN yang ditayangkan di akun youtube FMB9ID IKP, Kamis (29/7/2021).

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang stimulus program ketenagalistrikan berupa diskon tarif tenaga listrik hingga Desember 2021.

Pada kesempatan sama, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Ida Nuryatin Finahari mengatakan stimulus tersebut meringankan beban masyarakat di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Stimulus tersebut meliputi pembebasan biaya beban atau abodemen, serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum.

“Bantuan ini merupakan salah satu upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional sekaligus wujud kehadiran negara dalam meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19,” kata Ida.

Baca Juga: Diskon Listrik Diperpanjang Hingga Desember 2021, Ketahui Ketentuan dan Cara Mendapatkannya

Rencana, anggaran pemberian stimulus program ketenagalistrikan triwulan III dan IV 2021 sekitar Rp4,97 triliun, yaitu triwulan III sekitar Rp2,43 triliun untuk 26,82 juta pelanggan dan triwulan IV sekitar Rp2,54 triliun untuk 27,12 juta pelanggan.

"Rerealisasi anggaran semester I tahun 2021 mencapai Rp6,75 triliun," kata Ida.

Kata Ida, total anggaran yang dibutuhkan untuk pemberian stimulus program ketenagalistrikan hingga triwulan IV tahun 2021 sekitar Rp11,72 triliun dengan rincian diskon tarif sekitar Rp9,46 triliun dan pembebasan rekening minimum, biaya beban dan abodemen sekitar Rp2,26 triliun.

Perpanjangan stimulus program ketenagalistrikan ini sebagai tindak lanjut pernyataan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani pada Konferensi Pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Level 4, Sabtu (17/7/2021) lalu.

Kata Bob, PLN telah menyiapkan aplikasi digital untuk memudahkan masyarakat mengecek informasi terkait stimulus program ketenagalistrikan yang diperoleh, pelanggan dapat mengakses PLN Mobile dengan mengunduhnya.

Bob juga menyebut kesiapan PLN dalam memberikan pelayanan pelanggan selama PPKM darurat bersama Kementerian ESDM, membentuk posko Siaga Darurat COVID-19 pada 7-30 Juli 2021 untuk memantau pasokan listrik selama PPKM darurat.

“PLN juga siap menjaga keandalan pasokan listrik sehingga masyarakat dalam work from home atau study from home dapat menikmati tanpa harus keluar rumah,” pungkasnya.

Baca Juga: Lebih dari 32 Juta Pelanggan PLN Telah Terima Diskon Listrik, Masyarakat Diimbau tetap Hemat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.